PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020

Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham pada Perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang didapatkan dari Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Dengan pengolahan data menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel Return on Asset (ROA) dan variabel Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Variabel lainnya tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci : Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Harga Saham.


Full Text:

PDF

References


Cahyani, Noerlita. dan Winarto, Herry. (2017). Pengaruh Return on Equity, Earning Per Share dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Pada PT. Medco Energi Internasional Tbk. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.

Fahmi, Irham. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. (2014). Manajemen Keuangan dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. (2015). Auditing: Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan. yogyakarta: STIM YKPN.

Hanafi, Mahmud. dan Halim. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hartono, Jogiyanto. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE .

Husnan, Suad. (2013). Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Indonesia, Bursa Efek. (2021). Laporan Keuangan dan Tahunan. diakses dari https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

Invesnesia. (2020). Daftar Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI 2020. diakses dari https://www.invesnesia.com.

Kasmir. (2017). Bank dan Lembaga Keuanagan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ludyah, Indri., Wahono, Budi., dan Priyono, A. Agus. (2018). Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar Di BEI Periode 2012-2016. e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen.

Nurlia. dan juwari. (2019). Pengaruh Return on Asset, Return on Equity, Earning Per Share dan Current Ratio Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2016. Jurnal Geo Ekonomi.

Pratiwi, Sri Maylani., Miftahuddin., dan Amelia, Wan Rizca. (2020). Pengaruh Current Ratio(CR), Debt to Equity Ratio(DER) dan Earning per Share(EPS) terhadap Harga Saham pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2009-2018. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Purboyanti, Rini Trah., dan Purboyanti, Trah. (2018). Pengaruh Earning Per Share, Debt to Equity Ratio dan Return on Equity Terhadap Saham LQ45 Periode 2015-2017. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suriadi, Indrian Triefena. (2019). Pengaruh Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio, DER), Price Earning Ratio (PER), Return on Equity (ROE) terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan.

Tjiptono, Darmadji. (2011). Pasar modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Udjaili, Firah Damayanti., Murni, Sri., dan Baramuli, Dedy N. (2021). pengaruh Return on Asset, Return on Equity, Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share terhadap Nilai Perusahaan pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Emba.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.