EFEKTIFITAS PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja, motivasi, pelayanan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Trans Batam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan UPT Trans Batam sebanyak 51 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 51 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampel yaitu metode Purposive (purposive sampling). Analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis serta menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis dapat diketahui bahwa fasilitas kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar nilai t hitung 3,450 > t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, motivasi berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar nilai t hitung 2,570 > t tabel 1,998 dan tingkat signifikansi sebesar 0,013 t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,302 t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,009 <0,05 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja, motivasi, pelayanan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Trans Batam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan UPT Trans Batam sebanyak 51 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 51 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampel yaitu metode Purposive (purposive sampling). Analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis serta menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis dapat diketahui bahwa fasilitas kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar nilai t hitung 3,450 > t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, motivasi berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar nilai t hitung 2,570 > t tabel 1,998 dan tingkat signifikansi sebesar 0,013 t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,302 t tabel 2,013 dan tingkat signifikansi sebesar 0,009 <0,05.
Kata Kunci: Fasilitas Kerja, Motivasi, Pelayanan, Disiplin Kerja, Kinerja.Full Text:
PDFReferences
Amirullah. 2015. Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ardiansyah,H, 2013, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstrorming, dan Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Skripsi UPI, Bandung.
Badriyah,Mila, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka Setia, Bandung.
Daradjat, Zakiah. 2012. Fasilitas Transportasi Konsumen. Bandung : CV Alfabeta. Dessler, Gary. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Fahmi, Irham.2016. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana.
Hardjomuljadi, S. (2014). Factor Analysis on Causal of Construction Claims and Disputers in Indonesia. International Journal of Applied Engineering Research.
Hasibuan, M. S.P. 2012. Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Imam, G. 2013. Aplikasi Analisis Dengan Program Spss Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Isyanto dkk, 2013, Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Motivasi kerja karyawan pada PT.Excel Utama Indonesia Kerawang, Jurnal Manjemen No. 3 April 2013. 88
Kasmir, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, teori dan praktik, edisi 1, Jakarta, Rajawal.
Kuncoro, Mudrajat, 2013, Metode Riset dan Ekonomi, Edisi Keempat, Jakarta, Erlangga.
Moenir. 2016. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika Offset. Mudrajad, K. 2013. "Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi" Edisi 4. Jakarta: Erlangga. Physical Environment, Food, And Service on Restaurant Image, CustomerPerceived Value, Customer Satisfaction, And Behavioral Intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management , Vol 24, No 2, Pp 200-223.
Priyono, M. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo, Zifatma Publishing.
Ratnasari, S. L., & Tanjung, R. (2021). Pengaruh Peranan Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 153-163.
Ratnasari, S. L., Haryani, D. S., & Tanjung, R. (2020). Workplace bullying causing negative employee behaviours: A case from the Indonesian banking sector. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 441-458.
Situmorang, 016. Digital Bisnis. Medan, Usu Press. Situmorang, S. H. Dan Lufti, M. 2015. Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Medan, Usu Press.
Solong, H. Aras. 2020. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (18th ed.). Alfabeta. Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen (A. Eliyana (ed.); 1st ed.). Gava Media.
Suhardi, (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Lingkungan Kerja.
Supriyadi, 2015. Manajemen Sumber daya manusia, menciptakan keunggulan bersaing berbasis kompetensi SDM , Yogyakarta.
Supriyono. 2012. Maret. Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada CV. Sumber Makmur Solo. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan.
DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4430
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.