PERANAN DISIPLIN DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP ARROYAN

Susilowati Budiningsih, Siti Zulfa Sariah, Yuli Triastuti, Yuridistya Primadhita

Abstract


Guru memiliki peran yang penting dalam membangun perilaku dan pemikiran siswa menuju ke arah pencapaian tujuan pendidikan. Guru diwajibkan memiliki kompetensi yang baik agar dapat mendorong siswa mencapai prestasi belajar. Peningkatan prestasi siswa terjadi jika guru dapat berkinerja baik dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif baik secara luring maupun daring. Kinerja guru dinilai dengan kedisiplinannya dan motivasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari disiplin guru dan motivasi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Arroyan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa disiplin dan motivasi guru berpengaruh positif terhadap prestasi siswa kelas IX SMP Arroyan. Perlu adanya penghargaan dan peningkatan kegiatan yang secara positif mempengaruhi disiplin dan motivasi guru sehingga prestasi belajar dapat meningkat.

Kata Kunci: Disiplin, Motivasi, Guru, Sekolah, Prestasi.


Full Text:

PDF

References


Amalda, N., & Prasojo, L. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11-21.

Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2): 143-152.

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolahdan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MA Ma’arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,7(2): 97- 106.

Budiman, F., & Irianto, A. (2015). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kota Bukittinggi. JUrnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(2): 1-12.

Fath, A. (2015). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Visipena, 1-11.

Gani, M. (2018). Pengaruh Disiplin Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2): 82-93.

Hasibuan, M. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441-451.

Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Disiplin, Motivasi, dan Kompetensi Terhadap Prestasi Belajar Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Tahun Akademik 2016-2017. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 1(2): 207-226.

Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Bengkulu: IAIN Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i1.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.