ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ALFA HIDROFARM DI DESA CIAWI KECAMATAN CIAWI KABUPATEN TASIKMALAYA

Agoes Hari Edy Wibowo, Ridwan Hakiki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan yang mempengaruhi Alfa Hidrofarm. (2) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Alfa Hidrofarm.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik sample nesting, purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer (observasi dan wawancara) dan data sekunder (dokumentasi dan studi litertur). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peluang yang dimiliki adalah jaringan pemasaran yang luas, pandangan masyarakat terhadap metode hidroponik, loyalitas pelanggan. Ancaman tersebut antara lain munculnya pesaing produsen sayuran hidroponik, permintaan yang tidak stabil, cuaca yang tidak menentu. Sedangkan kekuatan yang dimiliki adalah produk memiliki kualitas yang baik, harga yang terjangkau dan stabil mendukung masyarakat untuk konsumsi sayuran di lokasi yang strategis, segmentasi pasar yang tepat, ketersediaan sayuran yang stabil dan memenuhi permintaan sayuran hidroponik, Volume produksi yang optimal dan kelemahan yang dimiliki seperti karena harga bahan baku di Kabupaten Tasikmalaya cukup tinggi, promosi perlu lebih dikembangkan lagi, variasi produk sayuran hidroponik yang kurang beragam membuat pelanggan dan konsumen tidak banyak pilihan. (2) Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) Alfa Hidrofarm diperoleh sembilan alternatif strategi yang terdiri dari strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T yang dapat diterapkan oleh Alfa Hidrofarm.

Kata Kunci: SWOT, Strategi Pemasaran.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2018). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Alyah. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papa Mama Farm: Skripsi

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.

Kasmir, & Jakfar. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17 Ed. London: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Ed. London: Pearson Education.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Suci, R. P. (2015). Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2017). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: CAPS.

Susilawati. (2019). Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020. DipetikMei 21, 2021, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia- 2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2021, Februari 22). Gejala Covid-19. Dipetik Mei 20, 2021, dari https://fiq7rxn3wjullpjcz5vsylm3te- acxjk7j6qcuqfoy-www-cdc-gov.translate.goog/coronavirus/2019- ncov/symptoms-testing/symptoms.html

CNBC Indonesia. (2020, Maret 12). WHO Nyatakan Wabah COVID-19 jadi Pandemi, Apa Maksudnya? Dipetik Mei 21,2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya

Kementrian Kesehatan. (2020). Cegah Virus Corona, Jaga Kesehatan Masyarakat dengan GERMAS. DipetikMaret 12,2021, dari https://promkes.kemkes.go.id/cegah-virus-corona-jaga-kesehatan-dengan- germas

Kementrian Kesehatan. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19. Dipetik Maret 12, 2021, dari http://bit.ly/pedomangizi

Kilmanun, J. C. (2018, Agustus 30). Sistem Pemasaran Sayuran Hidroponik di Kalimantan Barat. Dipetik Maret 13, 2021, dari http://e- journal.janabadra.ac.id/index.php/JA/article/view/609

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). (t.thn.). Apa itu Corona Virus. Dipetik Mei 19, 2021, dari https://covid19.go.id/tanya-jawab?page=4

Noviani, N., & Wahyuni, S. (2016, Mei 1). Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Merek Papamama Farm. Dipetik Maret 13, 2021, dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ANALISIS+STRATEGI+PEMASARAN+SAYURAN+HIDROPONIK+MEREK+P APAMAMA+FARM&btnG=

Rabbani, L. R., Harisudin, M., & Qonita, A. (2017, Maret 1). Analisis Usaha dan Strategi Pemasaran Hidroponik Pada UMKM Bakoel Sayur Kabupaten Karanganyar. Dipetik Maret 2021, dari https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/30954

Sami, A., Harisudin, M., & Setyowati. (2017, September 3). Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik di PT Kebun Sayur Segar Parung Farm. Dipetik Maret 13, 2021, dari https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/31028

World Helath Organization. (2020). Novel Coronavirus. Dipetik Maret 12, 2021, dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus- 2019/question-and-answers-hub.




DOI: https://doi.org/10.33373/jeq.v9i2.4829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.