PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA, PELATIHAN KERJA DAN PRESTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BPR DANA NAGOYA BATAM

Lestina Sijabat, Ferry M Manalu, Rahman Hasibuan

Abstract


Sebuah perusahaan tidak akan baik apabila tidak adanya SDM yang baik. Memahami pentingnya kehadiran SDM dalam periode dunia saat ini, salah satu upaya yang harus dilakukan organisasi adalah meningkatkan sifat SDM. Dengan memperbaiki sifat SDM, dipercaya bahwa perwakilan dapat meningkatkan presentasinya Tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan kerja dan prestasi kerja tidak sejalan dengan pekerjaan yang dijalankan. Beberapa permasalahan yaitu mengenai tingkat pendidikan yang tidak sejalan dengan jabatan yang ada di kantor saat ini. Masalah lain yang ditemukan peneliti ketika melakukan observasi yaitu pengalaman karyawan. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan skala likert. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BPR Dana Nagoya yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengembilan sampling jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan instrument tes uraian dan instrument angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan kerja dan prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT.BPR Dana Nagoya Batam, hal ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05.

Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Pelatihan Kerja, Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja, Tingkat Pendidikan. 


Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Sari, I. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara Medan. Seminar Nasional Royal (Senar), 1(1), 461-464.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics and Vocational Education), 2(2), 204-210. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V2i2.17315.

I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.

Kusumastuti, Khoirun, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.

Lengkong, V. P. K. (2017). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Penempatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Air Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3), 2761-2770. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V5i3.17154.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L]. Barekeng, 14(3), 333-342.

Muhammad Busro. (2018). Teori-Teori Sumber Daya Manusia (Irfan Fahmi (Ed.)). Prenadamedia Group.

Pitriyani, Halim A., & Hasibuan, D. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Pegadaian Persero cabang Rantau Prapat. Jebma: Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi, Universitas Labuhanbatu, 1(1), 56-63.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v8i1.5192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.