PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS TERHADAP DEVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017

Ema Saputri, Jayana Salesti

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi dan arus kas terhadap deviden kas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan. Dengan menggunakan teknik purpose sampling didapat sampel sebangayk 7 perusahaan dari 18 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laba Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Deviden Kas, ini ditandai dengan hasil Laba Akuntansi pada uji T yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 < α (0,05). Variabel Arus kas memiliki nilai signifiakan 0,0668 > α (0,05), maka dapat dikatakan Arus Kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Deviden Kas. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dilihat koefisien determinasi R diperoleh adalah 86,8%, angka memberi arti bahwa variabel Laba akuntasi dan Arus kas berpengaruh terdahap deviden kas, untuk sisanya 13,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Laba Akuntansi, Arus Kas, Deviden Kas.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Malabi. 2010. Analisis Hubungan Antara Laba Tunai, Laba Akuntansi, dan Arus Kas Operasi Terhadap Deviden Kas Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI TAHUN 200-2008. Universitas Trisakti. Jakarta.

Hasanuh, Nanu. 2011. Akuntansi Dasar Teori dan Praktik. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Hartono. 2009. Analisis Data Statistik dan Penelitian. Pustaka Belajar. Pekan Baru. Riau.

Harjito, Agus dan Martono.2013. Manajemen Keuangan. EKONISIA. Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Hery. 2017. Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. PT Grasindo. Jakarta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT Rajagrafundo Persada. Jakarta.

Mulyaningsih, Nining Dan Dwi Rahayu. 2016. Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadapa Deviden Kas Pada Perusahaan Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dharma Ekonomi. Semarang.

Pulungan, Andrey Hasiholan, Dkk. 2013. Akuntansi Keungan Dasar. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Purwanti, Sri dkk. 2015. Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Return Saham Perusahaan yang Listing di BEI. Jurnal Akuntansi dan Pajak. UNIBA Surakarta.

Reeve, James M, dkk. 2012. Pengantar Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta

Sjahrial, Dermawan. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Suryani, Fitri. 2016. Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Deviden Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Batam

Triyanto, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Terhadap Dividen Kas (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI). Jom FEKON.

Yadianti, wiwin. 2010. Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Zumanisa, Eva Bian. 2012. Pengaruh Laba Akuntansi dan Laba Tunai Terhadap Dividen Kas Pada Industri Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Pekanbaru.

Http://britama.com/index.php/sejarah-dan-profil-singkat-myor/&=id/12/12/2018

www.idx.com

www.sahamok.com




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v8i1.5193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.