ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH (STUDI KASUS PADA PT SURYA PRIMA BAHTERA SHIPYARD)

Sagita Wenda, Rizki Eka Putra, Hanafi Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi biaya lingkungan terkait komponen biaya lingkungan dan perlakuan akuntansi biaya lingkungan terhadap pengelolaan limbah pada PT Surya Prima Bahtera Shipyard. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dimana penulis mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi yang sekarang ini terjadi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara terhadap karyawan PT Surya Prima Bahtera Shipyard dan dokumentasi laporan keuangan tahun 2017. Teknik analisis yang digunakan dengan membandingkan komponen biaya lingkungan yang dikeluarkan oleh PT Surya Prima Bahtera Shipyard dengan berdasarkan model kualitas serta perlakuan alokasi biaya menurut PSAK No. 1 dan PSAK No. 33. Hasil penelitian ini adalah PT Surya Prima Bahtera Shipyard sudah melakukan tahapan perlakuan akuntansi untuk biaya pengelolaan limbah, mengakui biaya pengelolaan limbah dan pengukuran biaya lingkungan (dalam hal pengelolaan limbah) yang dilakukan menggunakan satuan rupiah. Dalam menyajikan biaya pengelolaan limbah, PT Surya Prima Bahtera Shipyard sudah menyajikan sesuai dengan PSAK No 1 tetapi dalam mengungkapkan kebijakan-kebijakan akuntansi terkait biaya pengelolaan limbah masih belum sesuai dengan PSAK No. 33. Selain itu, dalam menyajikan laporan laba rugi perusahaan masih menggabungkan biaya limbah dengan biaya produksi.

Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Biaya Lingkungan, Biaya Pengelolaan Limbah Penerapan    Akuntansi Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Andika, Ayu, Ni Luh Gede Erni, Putu Sukma. (2017). Analisis Perlakuan Akuntansi Biaya Pengolahan Limbah Pabrik (Studi Penerapan Akuntansi Lingkungan di PT Indo Citra Jaya Samudra Jembrana) Skripsi: Jurusan Akuntansi Program Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Djogo, (2009). Akuntansi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ikhsan, A. (2009). Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Mahardhika, Sanjaya Aji. (2017). Analisis Pengolahan Biaya Pengolahan Limbah di PT. Indo Acidatama, tbk Kabupaten Karanganyar. Tesis: Departemen Fakultas Akuntansi Syariah Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nilasar, Fitri. (2014). Analisis penerapan akuntansi lingkungan untuk pengelolaan sampah. Skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Ratulangi. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Biaya Operasional Pengelolaan Sampah di Rumah Sakit Radiasi Cinta Manado. Tesis: Departemen Fakultas Ekonomi Akuntansi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi,

Solihin, I. (2009). Tanggung jawab Sosial Perusahaan, dari amal hingga keberlanjutan. Jakarta; Salemba Empat.

UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

UU No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Wardiana, Ericha Betha, Achmad. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Biaya Lingkungan untuk Pengelolaan Sampah (Studi Pada Limbah PG Pesantren Baru Kediri tahun 2016). Skripsi: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v8i1.5195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.