ANALISIS PENERAPAN PSAK NO. 16 TENTANG PERLAKUAN AKUNTANSI AKUNTANSI AKTIVA TETAP (STUDI PT. GRAHA TRISAKA INDUSTRI)

Antony Wijaya, Jayana Salesti

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi atas aktiva tetap sudah sesuai dengan PSAK No. 16 pada PT.Graha Trisaka Industri, model penelitian yang dilakukan adalah melalui penelitian lapangan (fieldresearch),yaitu penelitian secara langsung diperusahaan dengan mengadakan wawancara langsung dengan pimpinan dan karyawan perusahaan, menganalisis laporan keuangan serta pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan literatur dan tulisan-tulisan yang erat hubunganya dengan objek penulisan yang dimaksudkan untuk memperoleh landasan teori yang akan digunakan dalam membahas masalah yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi.Dalam menganalisis menggunakan tahap mendeskripsikan peranan informasi akuntansi pertanggungjawaban pada pusat biaya dan penilaian kinerja para manajer. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi aset tetap yang dilakukan PT Graha Trisaka Industri sudah mendekati standar akuntansi keuangan namun ada beberapa hal yang belum sesuai dengan PSAK No 16, pengakuan aktiva tetap pada PT Graha Trisaka Industri melakukan pengeluaran atas aktiva tetap yaitu pengeluaran modal dan pengeluaran pendapatan misalnya biaya material dan perbaikan.

Kata Kunci : Akiva Tetap, Perlakuan Akuntansi, PSAK 16.


Full Text:

PDF

References


Abdul halim. (2010). Akuntansi Menengah Kedua (Edisi Keen). Yogyakarta.

Ahmad, Luciana, & Andrey. (2013). Akuntansi Keuangan Dasar Berbasis PSAK (Edisi Pertama). Jakarta.

Budiman, E., Tangkuman, S., & Pangemanan, S. (2014). Analisis Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap (studi Kasus Pada PT HASJRAT MULTIFINANCE Manado). Jurnal EMBA, 2(1).

Charles, & Harisson. (2012). Akuntansi (Edisi Keen). Jakarta: Salemba Empat.

Danga, E. giani hadianti, & Morasa, J. (2016). ANALISIS PENERAPAN PSAK 48 (2015) PENURUNAN NILAI ASET TETAP PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. Jurnal EMBA, 4(1).

Harahap, S., & Sofyan. (2008). Analisa Kritis atas Laporan Keuangan (PT. Raja). Jakarta.

Harmanto. (2009). Akuntansi Menengah Buku Satu. Yogyakarta.

Hery. (2014). Mahir Accounting Principle (Cetakan Pe). Jakarta.

Hery. (2016). Praktis Menyusun Laporan Keuangan (Cetakan Ke). Jakarta.

Horngren, Harrison, & Bamber. (2009). Akuntansi, Indeks (indeks). Jakarta.

Junaidi, & Hendri. (2015). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran sebagai Alat Pengendalian Biaya.Tanjungpinang. Jurnal EMBA, 3(1).

Martani, D., Sylvia, Ratna, Aria, & Edward. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (salemba em). Jakarta.

Moh Nazir. (2011). Metode Penelitian (Salemba Empat). Jakarta.

Mursyidi. (2008). Akuntansi Biaya (Refika Adi). Bandung.

Pontoh, E. L., S., N., Budiarso, & Morasa, J. (2016). Evaluasi Penerapan Perlakuan Akuntansi Terhadap Aktiva Tetap Berdasarkan PSAK No.16 Tahun 2011. Jurnal EMBA, 4(3).

Rudianto. (2009). Akuntansi Manajemen (Grasindo). Yogyakarta.

Rusdiyanto, & Rohmah, N. I. (2017). PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP BERDASARKAN PSAK NO. 16 PADA PT. SWADAYA GRAHA DI GRESIK. Jurnal Fakultas Ekonomi, 6(1).

Setiawan, T. (2014). Mahir Akuntansi Materi Pendalaman (Edisi Kedua). Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D (Alfabet). bandung. Wahyuni, & Soepriyanto, G. (2012). Pengantar Akuntansi (Cetakan Pertama). Jakarta.

Zukri, A., Meitriana, M. A., Udiarso, & Handayani, N. L. W. D. (2014). Perlakuan Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud Serta Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan. Jurnal EMBA, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v9i2.5232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.