PENGARUH TINGKAT INFLASI, SUKU BUNGA DAN LABA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021

Serli Wahyuni, Hendry Jaya, Hanafi Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga dan Laba terhadap Harga Saham pada perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari wabsite Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan yaitu Analisis regresi linear berganda dengan bantuan software Statistical Produk and Service (SPSS). Pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji parsial) dan Uji F (uji simultan). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (uji t) Tingkat Inflasi, Suku Bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham dan Laba berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan secara bersama-sama simultan (uji f) menunjukan bahwa Tingkat Inflasi, Suku Bunga dan Laba berpengaruh terhadap harga saham.

Kata Kunci: Tingkat Inflasi, Suku Bunga, Laba, Harga Saham.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Aisyah. 2022. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Perusahaan Ekspor Impor Di Era Covid-19 [skripsi]. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Asrianti, A., & Rahim, S. (2019). Pengaruh laba dan arus kas terhadap harga saham perusahaan LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Aktual, 3(1).

Atikah. (2022). Pengaruh Tingkat Inflasi, BI-7 Day Reverse Repo Rate Laba Bersih dan Firm Size terhadap Harga Saham pada Industri Sub Sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 13(2) 70-77

Dewani, R.W. (2017). Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Tukar, Dan Suku Bunga SBI Terhadap Harga Saham Perbankan Yang Listing di Bursa Efek Indonesia, Selama Periode 2008-2013 (Disertasi Doktor, STIE Ekuitas).

Fauzan, I.H. (2019). Pengaruh Laba Bersih, Current Ratio, Dan DebtTo Equity Ratio Terhadap Harga Saham (Survei pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi dan Pembangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017) (Disertasi Doktor, Universitas Komputer Indonesia)

Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 2.1. edisi ketujuh. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, O. (2019). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar dan Inflasi Terhadap Harga Saham.

Ilmiyono, A.F. (2019). Pengaruh Laba Akuntansi Dan Tingkat Suku Bunga Sbi Terhadap Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI). Neraca Keuangan: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 14(2).

Maronrong, R.M., & Nugrhoho, K. (2017). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Otomotif Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012- 2017. Jurnal STE Ekonomi, 26(02).

Octovian, R., & Mardiati, D. (2021). Pengaruh Suku Bunga, Inflasi Dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Harga Saham Di Sektor Telekomunikasi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Jurnal Neraka Peradaban, 1(3).

Samsudin, S. (2021). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Dan Laba Terhadap Harga Saham Bank Syariah Pemerintah Periode 2015 Sampai Dengan 2020.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sulia. 2017. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 7(2).

Sunariyah. 2013. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal (Edisi 6). Penerbit : UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Surgawati, I., Munawar, A.H., & Rahmani,D. A.(2019). Firm Size Memoderasi Pengaruh Return on Equity Terhadap Harga Saham.

Wira, T.S. (2020). Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga (SBI), Nilai Tukar terhadap Harga Saham pada Perusahaan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i1.5422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.