PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA BIMA

Diana Nurilah, Wulandari Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima sebanyak 50 orang responden. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode sampling jenuh. Penelitian ini memiliki jenis asosiatif dengan menjadikan kuesioner skala likert sebagai instrument penelitian. Data-data pendukung penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Kemudia setelah data dikumpulkan dioleh dengan teknik analisis data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, koefisien korelasi, uji determinasi, ujit dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan lingkungan kerja dan kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kepemimpinan, Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. J., Mappamiring, Mustari, N. 2022. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba.” Kajian Ilmiah Mahasiswa Admnistrasi Publik 3(1): 287–98.

Andari. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Koperasi dan Umkm Provinsi Banten.” Jurnal sains manajemen 2(2): 16–26.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, N. L. S., Gupta, I. G. B. W. 2017. “Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar.” Jurnal MBE 3(1): 56–62.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.

Haque, A. M. M., Burhanudin, A. Y., Sudarwati, Mukarromah, S. 2021. “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Cokro Supertirta Klaten.” Jurnal Edunomika 05(02): 1044–54.

Hasibuan, M. S. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hidayat, R., Rusli. 2021. “Pengaruh Kinerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah Pada Pt. Pegadaian Cabang Tente Kabupaten Bima.” Jurnal Dimensi 10(2): 425–38.

Kusumayanti, K., Ratnasari, S. L., Hakim, L. 2020. “Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Daerah Pemerintah Kota Batam.” Jurnal Bening 7(2): 178–92.

Mangkunegara, A. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marsih, Y. 2019. “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Musi Banyuasin.” Jurnal Manajemen KompeteN 2(2): 75–91.

Nazaruddinaziz, Mulia, D. 2022. “Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan 2(2): 1269–75.

Pamungkas, A. S., Widowati, S. Y. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pegawai Non Medis Instalasi Sterilisasi Di RS Dr. Kariadi Semarang).” Solusi 18(3): 147–60.

Pradana, M. R. A. 2019. “Analisis Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran.” Jurnal Relefansi 5(2): 1–13.

Saputri, R., Andayani, N. R. 2018. "Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Departemen Production di Pt Cladtek Bi-Metal Manufacturing Batam." Journal of Applied Business Administration 2(2): 307-316.

Sedarmayati. 2012. “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja.” In Bandung: Mandar Maju,.

Suddin, A., Sudarman. 2013. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.” Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia 4(1): 1–8.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Sukaisih, D., Sunarno, Sutono. 2022. "Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Demak." Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital (MINISTAL) 1(3): 216-230.

Warista, A., Efendi, Z. M., Pasaribu, A. H. 2022. “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderator di PT. Citra Indah Pertiwi.” Journal of Educational and Language Research 1(7): 893–904.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i1.5464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.