PENGARUH KOMUNIKASI, DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MASJID SULTAN MAHMUD RIAYAT SYAH

Annisa Dwi Utami, Dhenny Asmarazisa Azis, Rahman Hasibuan, Hanafi Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, disiplin kerja, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan dengan metode survey mengunakkan uji regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini sebanyak 63 orang/pegawai. Pengambilan sampel metode sampling jenuh dengan jumlah 63 orang/pegawai. Data diperoleh dengan menggunakan instrument kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan hasil uji F diperoleh 9.724, dengan nilai F (sign) adalah sebesar 0,000 (sign 0,000 < 0,05). Hal ini membuktikan pada variabel komunikasi, disiplin kerja, lingkungan kerja dan motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikan secara Bersama-sama/simultan terhadap kinerja pegawai Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Kata Kunci: Komunikasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Teori, Konsep dan Indikator. Cetakan Kesatu. Nusa Media.

Afandi, Pandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Yogyakarta : Deepublish.

Ardana, I. K., Mujiati, N. W., & Utama, I. W. M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Agustriani, R., Ratnasari, S. L., & Zamora, R. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja, Komunikasi, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Trias Politika, 6(1), 104-122.

Dian, N., & Lina, N. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin, dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Extrupack Bekasi Barat. S1 Manajemen, 1-24.

Falah, A. M., & Ayuningtias, H. G. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Xyz. Jurnal Mitra Manajemen, 4(6), 990-1001.

Hasibuan (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Bumi Aksara.

Ovia, T. R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Tahun 2019. Skripsi. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Rivai, V. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutrisno Hadi, 2016, Metodelogi Penelitian, Andi Ofset, Yogyakarta.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja.PT Refika Aditama. Bandung

SINAGA, D. R. Pengaruh Komunikasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.

Sudaryo. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Surabaya: UM

Sugiyono D. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Nitisemito Alex, S. (2018). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Ghalia Indonesia, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i2.5964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.