PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR RUPIAH (KURS), JUMLAH UANG BEREDAR DAN JAKARTA ISLAMIC INDEX TERHADAP NILAI AKTIVA BERSIH REKSA DANA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA

Belyana Wulandari, Aznedra Aznedra, Rizki Eka Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, jumlah uang beredar dan jakarta islamic index terhadap nilai aktiva bersih reksa dana saham syariah di Indonesia. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manajer investasi reksa dana saham syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019-2022. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan data sekunder dan didapatkan sampel sebanyak 11 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen dan dependen. Data pada penelitian ini diolah menggunakan analisis regresi data panel dan pengujian hipotesis. Dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inflasi berpengaruh positif dan signifikan. Variabel nilai tukar rupiah berpengaruh negatif dan signifikan. Variabel jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan dan variabel jakarta islamic index berpengaruh positif dan signifikan.

Kata kunci: Inflasi, Nilai Tukar Rupiah, Jumlah Uang Beredar, Jakarta Islamic Index dan Nilai Aktiva Bersih.

Full Text:

PDF

References


Abdalloh, Irwan. (2019). Pasar Modal Syariah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Baltagi, H. Bagi. (2011). Econometric Analysis of Panel Data. John Wiley & Sons Canada.

Ekananda, Mahyus. (2016). Analisis Ekonometrika Data Panel. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fahmi, Irham.(2012). Analisis Kinerja Keuangan, Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam.(2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar N dan Dawn C. Porter.(2015). Dasar-Dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Rozak, Abdul. (2016). Analisis Pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan dan Jumlah Uang Beredar terhadap Kinerja Reksadana Saham di Bursa Efek Indonesia. Jakarta : Universitas Tarumanagara.

Samsul, Mohamad. (2015). Pasar Modal Dan Manajemen Portofolio: Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Septiana, Ficky. (2017). Pengaruh Inflasi, IHSG, Jumlah Reksa Dana Syariah dan Tingkat Return terhadap Total Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana Syariah di Indonesia. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Shofia, Gusti Khairina dan M. Andri Ibrahim. (2018). Analisis Pengaruh Jakarta Islamic Index, Nilai Tukar Rupiah dan Inflasi terhadap Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana Syariah Campuran Periode 2014-2016. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i2.6052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.