ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERNAL (STUDI KLINIK UTAMA KIMIA FARMA SAGULUNG BARU DI BATAM)

Leony Fajeri Rakhmawati, Firdaus Hamta, Ravika Permata Hati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Dalam Mendukung Pengendalian Intern di Klinik Utama Kimia Farma. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif digunakan bersamaan dengan metode pengumpulan data wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengumpulan data untuk keperluan internal di Klinik Kimia Farma bermanfaat karena dapat digunakan untuk mengumpulkan data untuk keperluan internal. Namun, ada metode lain yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data untuk penggunaan internal; misalnya, satu sistem dapat digunakan untuk mengumpulkan data untuk penggunaan internal, yang berguna karena dapat digunakan untuk mengumpulkan data untuk penggunaan internal. Ini adalah contoh yang baik dari sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang karyawan, dan juga merupakan contoh yang baik dari proses internal yang digunakan oleh suatu perusahaan.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal, Persediaan.

Full Text:

PDF

References


Alifia, Fendy, dan Saprudin. (2023). Analisis Operasional Dalam Pengendalian Internal Atas Ketersediaan Barang Dagang PT. Kimia Farma. 11.

Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Dina, Dwi, dan Syafrudin. (2021). Aplikasi Sistem Informasi stok persediaan Barang di Apotek Kimia Farma Baran Berbasis Android. Frontiers in Neuroscience.

Hery. (2014). Tujuan Pengendalian Internal. Jakarta : Kompas Gramedia.

Juanda, R. (2020). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat Dalam Menunjang Keefektifan Pengelolaan Persediaan Obat Pada Apotek Sejahtera Palembang.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi akunutansi Edisi Keempat. Yogyakarta.

Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi Edisi Ketiga Cetakan Kelima. Jakarta : Salemba Empat.

Persediaan. Jakarta : Salemba Empat.

Prayugo, E.-, & Sulistyawati, A. I. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang Pada Pt.Kimia Farmacabang Semarang. Solusi. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i4.4127

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Accounting Information Systems, Global Edition.Pearson.https://books.google.com/books?id=eJeJoAEACAAJ&pgis=1

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i2.6069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.