PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, SOSIALISASI SAK EMKM DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM DI KECAMATAN SAGULUNG

Bela Sofia Manalu, Hamidi Hamidi, Yentina Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman akuntansi, sosialisasi sak emkm dan motivasi kerja terhadap implementasi sak emkm di kecamatan sagulung berpengaruh positif. Objek dalam penelitian ini adalah pelaku umkm kecamatan Sagulung sebanyak 56 UMKM tahun 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu teknik teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi Y= 6,129 + 0,193(x1) + 0,214 (x2) + 0,170(x3) + e pada persamaan tersebut terdapat koefisien regresi yaitu 0,214 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pemahaman akuntansi terhadap implementasi sak emkm dan hasil pengujian uji t statistik maka diperoleh thitung 2,117 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa variabel pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan siknifikan terhadap variabel implementasi sak emkm. Berdasarkan uji koefisien determinan bahwa adanya pengaruh signifikan antara variabel bebas pemahaman akuntansi (x1), sosialisasi sak emkm (x2) dan motivasi kerja (x3) terhadap implementasi sak emkm (y) dengan koefisien determinasi = 0,651 menunjukkan bahwa besarnya kontribusi Variabel independen 65,1% sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi atau dijelakan faktor-faktor lain diluar penelitian.

Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Sosialisasi SAK EMKM, Motivasi Kerja, Implementasi SAK EMKM.

Full Text:

PDF

References


Ady, f, & Wijoyono, D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap kinerja karyawan. Jurnal maksipreneur: manajemen, koperasi, dan entrepreneurship, 2(2),101.

Ghozali, Imam.2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS. Yokyakarta: Universitas Diponegoro.

Janrosl, V. S. E. (2018). Analisis persepsi pelaku UMKM dan sosialisasi SAK EMKM terhadap diberlakukannya laporan keuangan yang berbasis SAKEMKM. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 11(1), 97-105.

IAI. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Retrieved from Ikatan Akuntan Indonesia.

Lohanda, Dedi(2018) “Pengaruh tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, dan Pelatihan Penyusunan laporan Keuangan Terhadap Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP (Studi Kasus pada UMKM Kerajinan Batik di Kecamatan Kraton Yogyakarta)”. Yogyakarta: Thesis (S1) Universitas Negeri yogyakarta.

Nurlaila. (2018). Penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM) pada Sukma Cipta Ceramic.

Parhusip, K & Herawati, Tuban Drija 2020. “Pengaruh sosialisasi SAK EMKM, Tingkat Pendidikan Pemilik, Persepsi Pelaku UMKM, dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Implementasi SAK EMKM pada UMKM Kota Malang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. 8(2), 1-21.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Kuantitatif ,Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/eq.v10i2.6159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.