PENGARUH FINANCIAL SELF EFFICACY, LOCUS OF CONTROL, FINTECH PAYMENT, HEDONISM LIFESTYLE TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GEN-Z DI KELURAHAN BALOI PERMAI BATAM KOTA

Tibrani Tibrani, Marni Junita, Moch Aminuddin Hadi

Abstract


Dilihat dari era digital saat ini, teknologi semakin pesat mengalami perkembangan terutama di nerara-negara yang semakin mencapai kemajuan teknologi. Berkat teknologi modern saat ini banyak alat yang dikembangkan secara khusus terutama pada teknologi alat pembayaran. Seiring perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat. Penggunaan uang tunai (mata uang) sebagai alat pembayaran moneter diganti oleh metode pembayaran digital yang lebih efektif dan ekonomis karena kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran. Sistem pembayaran Quick Response Indonesia Standard (QRIS) disurvei khususnya di daerah Batu Aji, dan pengambilan sample menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitati dengan pendekatan survei untuk mengumpulkan data dari pelaku usaha UMKM. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang mengukur persepsi keamanan, kemudahan, manfaat, dan kepercayaan. Analisis data dilakukan Analisis regresi dan analisis koefisien determinasi (R2) untuk mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel secara terpisah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi keamanan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMKM pengguna alat QRIS, (2) persepsi kemudahan tidak memiliki pengaruh terhadap minat pelaku UMKM pengguna alat QRIS, (3) persepsi manfaat tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat pelaku UMKM pengguna alat QRIS, (4) persepsi kepercayaan memiliki pengaruh terhadap minat pelaku UMKM pengguna alat QRIS yang terfokus di kecamatan batu aji (5) Keamanan, Kemudahan, Manfaat dan Kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Pengguna alat QRIS.

Keywords


Keamanan, Kemudahan, Manfaat, dan Kepercayaan dan Minat Pengguna

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian., Makassar : CV. Syair Media Press. (Buku).

Sudiatmika, N. B., Prasasta & Maritini, I. A., Okta (2022). Faktor-faktor Mempengaruhi Miat Pelaku UMKM Kota Denpasar Menggunakan Qris, Jmm Unram - Master of Management Jurnal, Vol : 11 (3): 239-254.

Paramitha. D., & Kusumaningtyas, D. (2023). Qris Layanan untuk Loyalitas dan Kepuasan. Kediri. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. (Buku).

Bank Indonesia. (2020). Diambil kembali dari sistem Pembayaran dan Pengelolaan Unag Rupiah:https://www.ni.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx, diakses pada tanggal 11 Desember 2023.

Rahmawati., & Br.Sebayang, N. I. T., (2023). Pengaruh Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Digital UMKM Halal Kota Medan. Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance., Vol : 6 (2) : 491- 502

R. Suryono. (2019). Financial Technology (FINTECH) in Axiology Perspective, Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi. Vol. 10, No.1, 51-56.

Fathoni, M., & Fadillah, S. (2024). Determinasi Minat UMKM dalam Penggunaan Qris di Jabodetabek, Islamic Economics and Business Review, Vol : 3 (1) : 468-483.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suyanto, M. A., & Karundeng, D. R., & Buluati, R. (2023). Pengaruh Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Bertransaksi Terhadap Minat Menggunakan QRIS Pada Pelaku UMKM di Kabupaten Boalemo. Jurnal Wahana Tridarma Perguruan Tinggi, Vol : 75 (2) : 33- 47

Syawal, R. I., Harwindito, B., & Sulistiyowati, R. (2021). Pemahaman dan Minat Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Indonesia Standard Sebagai Alat Pembayaran Digital di Daerah Kecamatan Cinere. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol. 6, No.3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.