PEMBUATAN BUKU SAKU MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMPIT FAJAR ILAHI BATAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hendra Saputra, Nurhaty P. Sari

Abstract


Abstract

This research aims to made pocketbook subject the variety of creature for the seventh students of SMPIT Fajar Ilahi Batam the year 2016/2017, to know the suitability of pocketbook according to subject experts, media expert and the science subject, to know student assessment for pocketbook subject the variety of creature as lesson media. In this research is used research and development model through ADDIE conducted were only three steps; Analysis, Design, and Development or Production. The collected data was conducted using inquiry and interview. The expert assessment result gained validity 80.00 included valid categorize, media expert gained validity score 74.29 included in valid enough, science teacher gained validity score 79.03 included in valid enough categorize and students assessment on the trial at the field by the score 90.11 included in reasonable categorize.

Keywords: pocketbook, subject the variety of creature.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  membuat buku saku materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk siswa kelas VII SMPIT Fajar Ilahi Batam Tahun Pelajaran 2016/2017, mengetahui kelayakan buku saku menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran IPA, mengetahui penilaian siswa terhadap buku saku materi Keanekaragaman Makhluk Hidup sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan model penelitian dan pengembangan melalui ADDIE yang dilakukan adalah tiga tahap saja yaitu tahap Analysis, Design, dan Development or Production.Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Hasil penilaian ahli materi diperoleh nilai validitas 80,00 yang termasuk dalam kategori valid, ahli media diperoleh nilai validitas 74,29 yang termasuk dalam kategori cukup valid, guru mata pelajaran IPA diperoleh nilai validitas 79,03 yang termasuk dalam kategori cukup valid dan penilaian siswa pada uji coba lapangan dengan nilai validitas 90,11 yang termasuk dalam kategori layak.

Kata Kunci: buku saku, materi keanekaragaman makhluk hidup.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z. A. (2012). Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta: Pedagogia.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran (15th ed.). Jakarta: Rajawali Pers. Arikunto, S. (2013). Cara Dahsyat Membuat Skripsi. (Cetakan 1). Madiun: Jaya

Star Nine.

Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 'Al-Biruni'. 5: 1-13.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. (Pertama). Yogyakarta: C.V Andi Offset. Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media Gusmiati. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Buku Saku

Dilengkapi Peta Konsep Pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Gunung Tuleh, artikel diunduh tanggal 21 Februari 2017, dari www.ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFKIP&page=article&op..

Jihad, A dan A. Haris.(2013). Evaluasi Pembelajaran. (1st ed.). Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lufri dan Arlis dkk.(2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Meikahani, Ranintya dan E. S. Kriswanto.(2015). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama.Jurnal Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.11:15-22

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran (4th ed.). Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v4i1.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.