STUDI DESKRIPSI TENTANG TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 50 BATAM

Mahrani D Putri, Junierissa Marpaung

Abstract


Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku. Perwujudan perubahan tingkah laku hasil belajar seperti adanya peningkatan kemampuan siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Realitanya masih ada siswa yang mengalami hambatan dalam proses belajar. Berdasarkan survei awal, rata-rata siswa memiliki nilai di  bawah KKM yaitu 75 dan terdapat siswa yang mengalami hambatan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 214 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah proportional random sampling. Dengan teknik tersebut, maka jumlah sampel yang diambil adalah 140 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket kesulitan belajar. Analisis data menggunakan tingkat persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Tingkat kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 50 Batam dengan hasil 43,60% dari 140 siswa termasuk dalam kategori sedang. Adapun klasifikasi kesulitan belajar tertinggi yang di alami oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 50 Batam adalah terdapat pada klasifikasi kesulitan belajar memory disorder dengan persentase 42%. Sedangkan klasifikasi kesulitan belajar terendah sebesar 43% dalam klasifikasi menghitung. Disarankan siswa untuk membuat jadwal belajar, membaca sebelum memulai pelajaran, mengerjakan setiap tugas yang diberikan guru, dan meningkatkan semangat belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu.& Supriyono, Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anggina Pratiwi. (2014). “Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan pada Siswa SMP Negeri 5 Kota Jambi”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Jambi, Jambi.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

A.Muri Yusuf. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fajar Hidayati. (2010). “Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Gallagher & Kirk. 1986. Educating Exceptional Chi1dren 5th edition, Boston: Houghton Mifflin Company.

Hakim, Thursan, (2000). Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara.

Ilyas, Asmidir. (2011). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kegiatan Diagnosis Kesulitan Belajar. Padang: UNP.

Khoirun Nisa. (2011). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran MTs. Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi, tidak di terbitkan, Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v4i1.1280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.