EFEKTIFITAS PENDEKATAN CTL DAN PBL DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE STAD DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Muhammad Arif Wicaksono, Nina Agustyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan CTL dan PBL dengan setting kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP Negeri 4 Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan Nonequivalent Control-Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 Batam kelas VIII, dengan sampel siswa kelas VIII D dan kelas VIII E. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu sampel untuk hipotesis 1 dan 2 serta uji-t polled varians untuk hipotesis 3 dengan taraf keyakinan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan CTL dengan setting Kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMPN 4 Batam, (2) Pendekatan PBL dengan setting Kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMPN 4 Batam, dan (3) Tidak terdapat perbedaan efektivitas antara pendekatan CTL dan PBL dengan setting Kooperatif tipe STAD ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMPN 4 Batam.

Kata Kunci: Pendekatan CTL, Pendekatan PBL, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Kemampuan literasi matematis


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). (2011). PISA (Programme for International Students Assesment). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indah, N., Mania, S., & Nursalam .(2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan), Vol. 4, No. 2. Tersedia di: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3247. [31 Desember 2018]

Maryanti, E. (2012). Peningkatan Literasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Tesis UPI Bandung.

OECD. (2013). Draft PISA 2012 Assesment Framework. [Online]. Tersedia di: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46961598.pdf. [26 Desember 2016].

Putra, E. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Problem Based Learning Dan Cooperative Learning Tipe STAD Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Tesis UNS Surakarta.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umbara, U. (2015). Implementasi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, Vol 1, No. 1, Tersedia di: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/116 [31Desember 2018]

Wardhani, S., dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v4i2.1553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.