EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Elsa Junita, Yesi Gusmania

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check Efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match Efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. (3) Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan kooperatif tipe Make A Match efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Teladan Batam 2017/2018 dengan jumlah 135 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling berjumlah 2 kelas, dengan rincian kelas XI TKJ untuk kelas eksperimen 1 dan kelas XI Elektronika untuk kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 5 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan One Sample T-Test untuk hipotesis 1 dan 2 sedangkan untuk hipotesis 3 menggunakan Indepent Sample T- Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check Efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai t hitumg = 6,546 dan t tabel =1,699 yang artinya


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arnilawati, Zulfitri A, & Rina F. (2012). "Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa kelas VIII SMPN 23 Padang".jurnal pendidikan Matematika Versi Elektronik diakses dari http://download.portalgaruda.org/ pada tanggal 03 agustus 2017.

Dwi M, Suyadi G, & Asnawati, R. (2012). "Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ( studi pada siswa kelas VIII semester ganjil SMPN 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)". Jurnal Pendidikan matematika, Universitas Lampung ISSN:2338-1183. Versi Elektronik diakses dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ pada tanggal 03 Agustus 2017.

Lubis, Syahron. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

M. Idrus & Wafidatunnur. (2015). "Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas siswa pada materi operasi aljabar di MTsN Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara" Versi Elektronik diakses dari journal.staimaarif-jambi.ac.id pada tanggal 02 Agustus 2017.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rostina Sundayana. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Slavin, E Robert. (2005). Cooperaive learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.