TINGKAT STRES MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN YOGYAKARTA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Yafi Sabila Rosyad

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat tingkat stres mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta dalam mengerjakan Skripsi pada program S1 Keperawatan tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian;Peneliti menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan diskriptif karena hanya melihat gambaran tingkat sres yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. Pengambilan sampel dengan cara sampel jenuh,  dengan jumlah responden penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 27 mahasiswa ditahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian; didapatkan hasil bahwa sebagain besar responden berjenis kelamin perempuan sebesar 62,97% dan sisanya berjenis kelamin laki-laki. Hampir seluruh responden atau 96,30% berada pada masa remaja dan sisanya pada masa dewasa awal. Tingkat stres kategori normal sebanyak 59,3%, kategori stres ringan sebesar 18,8%, kategori sedang 11,1%, kategori berat 7,4%, dan sisanya dalam kategori sangat berat.


Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2005). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Bertens, K. (2005). Metode Belajar untuk Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Broto, H. D. F. C. (2016). Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Studi Kasus pada Salah Satu Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Damanik, E. D. (2006). Pengujian reliabilitas, validitas, analisis item dan pembuatan norma Depression Anxiety Stress Scale (DASS): Berdasarkan kelompok sampel Yogyakaarta dan Bantul yang mengalami gemba bumi dan kelompok sampel Jakarta dan sekitarnya yang tidak mengalami gempa. Universitas Indonesia.

Hamblin, E. K. (2018). Stress in College Students: Associations with Anxiety And Perfectionism. University of Mississippi.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Indarwati. (2018). Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan SKRIPSI di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alaudin Makasar. UIN Alauddin Makasar.

Kaplan, H., Sadock, B., & Grebb, J. (2010). Sinopsis Psikiatri. (W. Kusuma, Ed.) (Alih Bahas). Tangerang: Binarupa Aksara.

Kemenkes. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta.

Lestariningsih, W. S. (2007). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Lindquist, R., Snyeder, M., & Tracy, M. F. (2014). Complementary & Alternative Therapies in Nursing Seventh Edition (Seventh). New York: Springer Publishing Company, LLC.

Lovibond, S. ., & Lovibond, P. . (1995). Manual for the Depression Aniety Stress Scale (2nd ed.). Sydney: Pschology Foundation.

Mordiono. Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Tentang Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. Peraturan Pemerintah No 30/ 1990, 1 (1990). Indonesia. Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP30-1990PendidikanTinggi.pdf

Sipayung, N. (2016). Coping Stres Penulis Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan praktik keperawatan jiwa stuart. singapura: Elsevier Inc.

Tarupolo, B. (2002). Warta Kesehatan Kerja Media Komunikasi Kesehatan Kerja Edisi 2.

Ulfa, S. H. (2010). Efikasi Diri Mahasiswa Yang Bekerja Pada Saat Penyusunan Skripsi. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Wulandari, R. P. (2012). Hubungan Tingkat Stres dengan Gangguan Tidur pada Mahasiswa Skripsi di Salah Satu Fakultas Rumpun Science-Tekhnologi UI. Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i1.1872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.