PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SETELAH DIBERIKAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DAN YANG TIDAK BEKERJA DI PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Bayu Yusma, Tamama Rofiqah, Ahmad Yanizon

Abstract


Pada Program Studi Bimbingan Konseling di Universitas Riau Kepulauan, terdapat fenomena mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa tidak bekerja. Berdasarkan data didapati bahwa mahasiswa bekerja mengalami kewalahan dalam membagi waktu antara kerja dan belajar. Sedangkan mahasiswa yang tidak bekerja mempunyai banyak waktu luang untuk belajar sehingga tidak sulit membagi waktu untuk perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa bekerja dan tidak bekerja setelah diberikan layanan penguasaan konten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experimental dengan onegroup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa, dengan menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga sampelnya adalah seluruh mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan. Hasil analisa data ini terlihat angka probabilitas Sig.(2-tailed) motivasi belajar mahasiswa sebesar 0,183 atau probabilitas di atas alpha 0,05 (0,183 > 0,05). Jadi kesimpulannya bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa bekerja dan tidak bekerja setelah diberikan layanan penguasaan konten.

 


Full Text:

PDF

References


Azuar Juliandi, Irfan dan Saprinal Marunung. (2014). Metode Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS.

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: Abe Kreatifindo.

Baharuddin. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Dudija, N, (2011), Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Mahasiswa Yang Tidak Bekerja, Jurnal Humanitas, Vol. VIII No. 2 Agustus 2011, Institut Manajemen Telkom Bandung.

Handayani, U. (2016). Hubungan Selfie Dengan Kecerdasan Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Di Universitas Medan Area (Skripsi), Medan: Fakultas Psikologi di Universitas Medan Area, Medan.

Jamaludin, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 198-210.

Prayitno. (2009). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purwanto, H., Syah, N., & Rani, I. G. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP (Skripsi), Padang: Universitas Negeri Padang .

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Setiana, M. A. T. (2017). Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Mengikuti Pelatihan Memasak Di Lkp Ions Yogyakarta. E-Journal Student Pendidikan Teknik Boga-S1, 6(6).

Syahputra, R. (2014). Perbedaan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Perempuan Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (Skripsi), Medan: Fakultas Psikologi di Universitas Medan Area, Medan.

Timbang, K. U. S. (2015). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Mahasiswa yang Bekerja dan Yang Tidak Bekerja di Universitas Kristen Satya Wacana (Skripsi), Salatiga: Fakultas Psikologi di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i2.2068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.