FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH

Junierissa Marpaung, Tressia Liani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan anak putus sekolah di Tiban Lama Kecamatan Sekupang Kota Batam. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek yang digunakan berjumlah satu orang anak yang putus sekolah dengan informan yang berjumlah enam orang, adapun informan dalam penelitian ini yaitu orangtua subyek (ayah dan ibu), saudara kandung subyek (kakak), teman subyek, orang tua angkat subyek (bude) dan salah satu mantan guru subyek (wali kelas). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya beberapa faktor yang menyebabkan anak putus sekolah, yaitu 1) Penyebab kurang motivasi belajar 2) Anak ingin bebas 3) Anak tidak peduli 4) Penyebab orangtua disebabkan karena (a) Pola asuh orangtua yang otoriter (b) Pola asuh orangtua yang permisif (c) Orangtua sibuk dengan pekerjaannya. 5) penyebab sekolah disebabkan karena (a) Bullying verbal (b) Tidak nyaman dengan suasana kelas. 6) Penyebab pengaruh teman sebaya.

Kata kunci : faktor penyebab, putus sekolah, penyebab putus sekolah


Full Text:

PDF

References


Ahmad Abdul Hadi. (2015). “Problematika Orang Tua Dalam Upaya Memenuhi Pendidikan Anak (Studi Anak Tidak Tuntas Wajib Belajar Sampai 12 Tahun Di Dusun Tamanan Desa Rundugong Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur)”. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Andi Prastowo. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan Vol.1(1), 1-13. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ayu Krisna Dewi,dkk. (2014). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Pendidikan Dasar Di Kecamatan Gerokgak Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ganesha Jurusan Ekonomi Vol.4(1), 1-14. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Ayu Oktira Diyanti,dkk. (2015). Lingkungan Ramah Anaka pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies) Vol.12(2), 55-68. Program Studi Arsitektur. Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya.

Clara RP Ajisuksmo. (2012). Faktor-Faktor Penting Dalam Merancang Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Anak Jalanan Dan Pekerja Anak. Jurnal Hubs-Asia Vol.16(1), 36-48. Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.

Dani Nurhayati. (2011). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Prosiding Seminar Nasional Matematikan dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Desy Ayu Nurmala,dkk. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.(4)1, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.

Dinda Ayu Fajrin. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Skripsi tidak di terbitkan. Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Elisa. (2016). Faktor Kurangnya Penyesuaian Diri Remaja Yang Keluar Dari Pondok Pesantren X. Skripsi tidak di terbitkan. Universitas Riau Kepulauan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program studi Bimbingan dan Konseling.

Erika Gresia Serepma. (2015). Hubungan Perilaku Martarombo Dengan Kepedulian Suku Batak Toba Terhadap Sesama Subu Batak Toba. Skripsi tidak di terbitkan. Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara.

Fitri Astuti. (2009). Efektifitas Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal Pada Masa Anak Sekolah. Skripsi tidak di terbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Psikologi.

Hening Riyadiningsih, Ratna Puji Astuti. (2013). Kondisi Psikologis Anak Putus Sekolah. Proceeding Seminar Nasional. Fakultas Ekonomi, Universitas Wijayakusuma Purwokerto Vol.3 (1).

Irvan Usman. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. Humanitas Jurnal Psikologi Indonesia. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

Isnaini Nurul Hasanah. (2017). Program Resosialisasi Anak Putus Sekolah Dalam Upaya Penyesuaian Diri Penerima Manfaat Di Panti Pelayanan Sosial Anak Tawangmangu Karanganyar. Skripsi tidak di terbitkan. Universitas Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Fakultasi Ushuluddin Dan Dakwah, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

Joko Tri Suharsono,dkk. (2009). Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman Vol.4(3), 112-118. Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Nia Nuraida. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Pencak Silat Untuk Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Paguron Pencak Silat Galura Panglipur Bandung). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung Vol.2(1), 59-77.

Noor Rizqa. (2015). “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Pada Tingkat SMP Di Desa Bumi Rejo Kecamatan Baradatu Kabupaten Wan Kanan Tahun 2014”. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pengetahuan, Program Studi Pendidikan Geografi.

Nuri Rosyada. (2017). Perkembangan Sosio-Emosional Anak Autis Di SDN Sumbersari 2 Malang. Skripsi tidak di terbitkan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurul Hidayati. (2012). Bullying pada anak : Analisis dan alternatif solusi. Jurnal tidak diterbitkan. Vol.14 (01), 43-45. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Gresik

Rabiatul Adawiah. (2017). Pola Asuh Orangtua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol 7(1) 33-48. Program Studi PPKN FKIP ULM Banjarmasin.

Sarfa Wassahua. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Kampung Wara Negeri Hative Kecil Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.1(2), 204-244. IAIN Al-Iltizam Ambon.

Tasya Paramitha. (2012). Konsep Kebebasan Dalam Cerpen Ninochka Spat’ Mengantuk Dan Taruhan Karya Anton Pavlovich Chekhov. Skripsi tidak di terbitkan. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Studi Rusia Depok

Tina Aris Perhati, Budi Susetyo. (2017). IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK ANAK PUTUS SEKOLAH DI JAWA BARAT DENGAN REGRESI LOGISTIK. Indonesian Journal of Statistics and Its Applications Vol.1(1), 56-65. Department of Statistics, Bogor Agricultural University (IPB), Indonesia.

Tiya Yulinda Dalimunthe. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Anak Jalanan Di Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak (Pkpa). Skripsi tidak di terbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Vinny Briggita Mua, Elsje Pauline Manginsela. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Putus Sekolah Dari Anak Petani Dan Non-Petani Di Desa Sea Dan Desa Warembungan Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. AGRI-SOSIOEKONOMI Vol.13(3A), 313-322. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi Manado.

¬_______.(2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Republik Indonesia.

_______.(2016). Ikhtisar Data Pendidikan. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_FC1DCA36-A9D8-4688-8E5F-0FB5ED1DE869_.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i2.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.