PENGEMBANGAN METODE PERSONAL SELLING PRESENTATION PADA PEMBELAJARAN TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS

Indah Pujiastuti

Abstract


Mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks adalah satu di antara mata kuliah keterampilan proses pembelajaran di prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UMRAH. Mata kuliah ini memiliki cakupan materi yang luas, mulai dari teori, penerapan, hingga analisis kurikulum dan buku teks. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya diharapkan untuk paham, tetapi juga mampu berpikir kritis dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, dosen diharapkan mampu menyajikan pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan, pemahaman, serta kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Dari penjelasan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran aktif (active learning) dengan metode kebaruan yaitu Personal Selling Presentation (PSP) yang diadopsi dari teknik pemasaran dalam bidang ekonomi dan mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran PSP pada pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan Dick & Carey. Penelitian ini dilakukan dalam 10 tahapan yang terangkum dalam bentuk pengidentifikasian, perumusan, pengembangan dan perancangan, perevisian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  instrumen validasi, instrumen praktikalitas dan instrumen efektivitas. Berdasakan uji N-Gain, metode PSP cukup efektif untuk diterapkan pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks. Uji hipotesis juga menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes bahwa nilai meningkat setelah dilakukan perlakuan.

Kata Kunci : Personal Selling Presentation, Telaah Kurikulum, Active Learning

 


Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 1, 119–126. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/download/3631/2307

Cosgun Ögeyik, M. (2017). The effectiveness of PowerPoint presentation and conventional lecture on pedagogical content knowledge attainment. Innovations in Education and Teaching International, 54(5), 503–510. https://doi.org/10.1080/14703297.2016.1250663

Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhtadi, A. (2001). Model Pembelajaran “Active Learning” dengan Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 1–11. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132280878/19. Model Pembelajaran Aktif-Prosiding Seminar Internasional-PPs UPI Bandung.pdf

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran (III). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Pujiastuti, I. (2018). Cooperative Learning with Personal Selling and World Café: Models for Improving Cognitive Level.

Silberman, M. L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (3rd ed.; S. Y. Suryandari, ed.). Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran (III; F. Yustianti, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v5i2.2168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.