ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI SE-KEC. MEDAN KOTA

Nurhakima Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Biologi di SMP Negeri se-Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Kecamatan Medan Kota. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh guru SMP Negeri kelas VII se-Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai TIK sangat baik dan positif dengan persentase (80,83%). Namun Penggunaan media berbasis TIK dalam proses pembelajaran biologi oleh guru IPA kurang menguasai penggunaan media TIK dan kurang mampu menggunakan media berbasis TIK dengan persentase (38,42%). Guru IPA kurang bervariasi menggunakan jenis-jenis media berbasis TIK dalam pembelajaran biologi dengan persentase (29,87%). Sering terdapat faktor penghambat dalam memanfaatkan penggunaan TIK seperti kurang tersedianya alat untuk menggunakan TIK dalam proses pembelajaran biologi dengan persentase (63,33%). Materi biologi yang menggunakan media berbasis TIK masih kurang banyak dalam pelaksanaannya dengan persentase (30,3%). Hal ini didukung dengan kurangnya alat yang disediakan oleh pihak sekolah sehingga guru IPA cendrung tidak menggunakan media TIK di SMP Negeri se- Kecamatan Medan Kota

Full Text:

PDF

References


Arysad, A. 2003. Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Press.

Badan Pusat Statistik. 2006. Minat Baca di Indonesia. (www.bps.go.id, diakses 13 Juli 2011).

Bruner, J, S. 1966. Toward a Theory of Instruction. New York: Norton.

Cheesman, K. 2006. Using comics in the science classroom, Journal of College Science Teaching. Volume: 35, Issue: 4, Pages: 48-51, ISSN:

X.

Criticos, C. 1996. Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd Edition. New York: Elsevier Science, Inc.

Dechand, E, V. 1969. Improving the Teaching of Reading. New Delhi: Prentice Hall of India Private Limited.

DePorter & Hernacki. 2002. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Di Raddo, P. 2006. Teaching Chemistry Lab Safety through Comics, Journal of Chemical Education. Volume: 83, Issue: 4, Pages: 571-

, ISSN: 00219584.

Dorrell, L., Curtis, D., & Rampal, K. 1995. Book Worms Without Books? Students Reading Comic Books in the School House, Journal of Popular Culture. Volume: 29, Issue: 2, Pages: 223-234, ISSN:

Espada, W, J, G. 2003. Integrating physical science and the graphic arts with scientifically accurate comic strips: rationale, description, and implementation, Revista Electrónica de Enseñanza de las




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v3i2.2281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.