PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPADI SMA NEGERI 14 BATAM TAHUN PELAJARAN2015/2016

Afrinel Okwita, Desy Kristinawati

Abstract


Kurangnya keaktifan  siswa dalam pembelajaran mengakibatkan pembelajaran menjadi pasif dan tidak terjadi proses pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut terlihat dari siswa kelas X IPA 4 di SMA N 14 Batam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi card sort terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA 4 di SMA Negeri 14 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 14 Batam.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA NEGERI 14 Batam.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan strategi card sort, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan strategi konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata nilai dali kelas eksperimen adalah 84, sedangkan kelas kontrol mempunyai rata-rata nilai 75. Dengan analisis uji t diperoleh thitung sebesar 3,81 pada signifikasi 0,05 dan ttabel sebesar 1,67 karena nilai thitung> ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort memiliki perbedaan yang signifikasi dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada mata pelajaran sejarah di SMA NEGERI 14 Batam.


Full Text:

PDF

References


AL-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konstektual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2008). Belajar dan Pembelajaran : Memadukan teori-teori klasik dan pandangan-pandangan kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, M. A. (2013). Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pazama Publishing.

Zaini Hisyam, B. M. (2011). Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: CTSD (Center For Teaching Staff Development).

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sardiman.(2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.RajaGravindo Persada.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendiidkan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran "Upaya Kreatif dalam mewujudkan pembelajaran yang berhasil". Lombok: Holistica.

Silberman. (2011). Active Learning “101 Cara Belajar Siswa Aktif”. Bandung: Nuansa.

Undang-Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1989

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v3i2.2283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.