FAKTOR PENYEBAB PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH PADA SISWA KELAS XII DI SMA ‘X’ BATAM

Wilda Fasim Hasibuan, Dewi Rahadita

Abstract


Pelanggaran disiplin merupakan serangkaian perilaku seseorang yang menunjukkan ketidaktaatan dan ketidakpatuhan terhadap peraturan, tata tertib norma kehidupan yang berlaku karena tidak adanya kesadaran dari dalam dirinya untuk mencapai tujuan belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab yang melatarbelakangi siswa kelas XII SMA Harapan Batam melakukan pelanggaran disiplin.Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini penguumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga komponen teknik analisis data, tiga komponen analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data.Berdasarkan analisis data yang ditemukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII melakukan pelanggaran disiplin disebabkan oleh beberapa faktor yaitu 1) terlambat sekolah disebabkan karena (a) tidur larut malam, (b) Fase konvensional. 2) pola asuh orang tua disebabkan karena (a) orang tua yang sibuk (b) rendahnya tingkat pendidikan (c) orang tua yang kurang peduli. 3) siswa pindahan. 4) kurang motivasi 5) metode belajar yang kurang bervariasi 6) perilaku membolos disebabkan karena (a) diri sendiri (b) lingkungan non sosial.

 


Full Text:

PDF

References


Ani Siti. A. (2011). "POla Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak".Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. ISSN : 1907-932X. Vol.05; No. 01; 2011;70-84.

Lili Garliah. (2009). “Pengaruh Tidur Bagi Perilaku Manusia”. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Sumatera Utara Medan.

Meleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (2014). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Sarwono, Sarlito W. (2013). “Psikologi Remaja”. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Seyed Abolghasem Mehrinejad, S. R. (2015). The Relationship between Parenting Styles and Creativity and the Predictability of Creativity by Parenting Styles. ScienceDirect, 56-60.

Slavin, R.E. (2009). “Educational Psycology Teory A nd Practice”. Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey 07458 Pearson. All right reserved. Printed in the United State of America.

Sukma Dewi, P. (2016). “Pengaruh Konseling Individu Melalui Pendekatan Realita Untuk mengurangi Kebiasaan Terlambat Siswa di SMP Negeri 1 Sumberejo”. Skripsi tidak diterbitkan. Fak Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Semarang.

Tulus Tu’u. (2004). “ Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa”.Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v3i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.