PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI MENGAJAR TERHADAP KUALITAS MENGAJAR GURU

Alpian Alpian, Edi Harapan, Nila Kesumawati

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan kelengkapan administrasi mengajar baik secara simultan maupun parsial terhadap kualitas mengajar guru di SMA Negeri Pemulutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA negeri Pemulutan yang berjumlah 104 orang dan jumlah sampel sebanyak 83 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) supervisi akademik tidak berpengaruh terhadap kualitas mengajar guru di SMA Negeri Pemulutan; (2) kelengkapan administrasi mengajar berpengaruh terhadap kualitas mengajar guru di SMA Negeri Pemulutan; dan (3) Supervisi akademik dan kelengkapan administrasi mengajar berpengaruh secara simultan terhadap kualitas mengajar guru di SMA Negeri Pemulutan.

 

Kata Kunci : administrasi mengajar, kualitas mengajar, supervisi akademik

                     

 

Abstract

This study aims to determine the effect of academic supervision and completeness of teaching administration both simultaneously and partially on the quality of teaching teachers in Pemulutan High School. The population in this study were all of Pemulutan's state high school teachers, amounting to 104 people and a total sample of 83 people. This research uses descriptive analysis method using quantitative approach. Data collection techniques by observation, questionnaires and documentation.Data analysis using t-test and F-test. The findings of this study academic supervision did not affect the quality of teaching teachers, the completeness of teaching administration affected the teaching quality of teachers. Academic supervision and completeness of teaching administration simultaneously affect the quality of teaching teachers in Pemulutan High School. The implication of this research is the academic supervision of the principal and the completeness of the teaching administration must be carried out well by the principal and teachers, so that the educational objectives can be achieved optimally.

 

Keywords: teaching administration, teaching quality, academic supervision.

 


Keywords


administrasi mengajar, kualitas mengajar, supervisi akademik

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Anom Redani ; Suarni, N. K ; Rihendra Dantes. (2014). Diterminasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru SD Negeri di Gugus IX Kecamatan Abiansemal Badung. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , (5) 1 s.d 12.

Aqib, Z. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Danniarti, R. (2018). Modul Panduan Profesionalisme Guru Yang Efektif Dalam Proses Pembelajaran. Palembang: Noerfitri Offset.

Fathurrohman, P., & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hadi. (2016). Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Oleh Pengawas Sekolah Di Sekolah Dasar. Manajemen dan Supervisi Pendidikan , (1) 1 74 s.d 79.

Hamdayama, J. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harapan, E. (2018). Pembiayaan Pendidikan Teori dan Praktik Menggali Sumber Pembiayaan Pendidikan Nasional. Palembang: Noer Fikri Offset.

Herdarman, & Rohanim. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kristiawan, M, dkk. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kurnia, N. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mandalawangi Pandeglang Tahun 2012/2013. jurnal Ilmiah Niagara , (IX) 1 47 s.d 59.

Mulyadi, A. S. (2018). Supervisi Akademik. Malang Jawa Timur: Madani.

Mulyadi & Fahriana (2018) Supervisi Akademik. Malang Jawa Timur: Madani.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mutmainah & Roesmaningsih. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMPN Se Kecamatan Sidoarjo. Tesis

Naim, N. (2009). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nugraha, M. S. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Islam , (9) 1 59 s.d 68.

Rafi. M, & A. Ali. (2017). Hubungan Kemampuan Merancang Perangkat Pembelajaran Dengan Kinerja Praktik Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Lintera Pendidikan , (20) 2 202 s.d 211.

Samsuardi. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal Of EST , (1) 2 20 s.d 29.

Suhayati, I. Y. (2013). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan , (XVII) 1 86/95.

Undang - Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kemendikbud RI.

Undang - Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud RI.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.