Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

Nur Ihwani, Yasir Arafat, Andi Arif Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan motivasi kerja baik secara stimultan maupun secara parsial terhadap kinerja guru di SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tehnik penentuan sampel dilakukan dengan cara non random sampling yaitu sampel langsung dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dan diolah secara statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel sertifikasi (X1) terhadap variabel (Y) dengan nilai persamaan X1 terhadap Y sama dengan 3,283 > 2,018; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X2 terhadap Y dimana nilai persamaan antara X2 terhadap Y sama dengan 4,630 > 2,018., dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi dan motivasi secara bersama-sama terhadap kinerja yang dapat hasil uji f secara stimultan menunjukkan nilai persamaan X1, X2 terhadap Y sama dengan 52,329 > 3,21.

 


Keywords


Sertifikasi, Motivasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Kristiawan, M., & Tobari. (2021). The Influence of Principal’s Leadership and School’s Climate on The Work Productivity of Vocational Pharmacy Teachers in Indonesia. International Journal of Educational Review 3(1), 63-76.

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/693

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Darmiati, D., Kristiawan, M., & Rohana, R. (2020). The Influence of School Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 32-44. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/8

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas [Efforts to Improve Teacher Competence through Classroom Action Research Training]. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru [Efforts to Improve Teacher Competence through Classroom Action Research Training]. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33.

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah [Administrative Management of State Madrasah Tsanawiyah in Improving the Quality of Madrasah Education]. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Kristiawan, M., & Elnanda, D. (2017). The Implementation of Authentic Assessment in Cultural History of Islamic Subject. Al-Ta lim Journal, 24(3), 266-276.

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Marpudhok. Lian, B. & Fitria, H. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Muara Padang [The Effect of Work Environment and Work Motivation on the Performance of High School Teachers in Muara Padang District]. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains. Volume 9 Nomor 1 Tahun 2020. ISSN 2303-2952. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/5647/2968 Diakses 10/08/2020 21:19

Maryati, E., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). The Influence of Principal’s Leadership Style and Organizational Culture on Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 127-139. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/38

Murjianto, B. (2013). Pengaruh Sertifikasi Guru Serta Pendidikan dan Pelatihan Guru Terhadap Motivasi Guru SMP di Kabupaten Jepara. Tesis. Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang.

Murwati, H. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1 No.1 Tahun 2013.

Muslich, M. (2007). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Ristianey, F. (2020). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Kertapati Palembang. Tesis. Universitas PGRI Palembang. Palembang.

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence o Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1).

Salwa., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Effect ofAcademic Qualification, Work Experience and Work Motivation towards Primary School Principal Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Santoso, S. (2012). Panduan SPSS Vers. 20. PT. Elex Media Computindo. Kompas Gramedia. Edisi Pertama; Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan kedua. CV. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Manajemen. Bandung; Alfabeta

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta; PT. Grafindo Persada.

Sutrisno, E, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Tobari. (2016). Membangun Budaya Organisasi Pada Instansi Pemerintahan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.