UPAYA MENINGKATKAN ADMINISTRASI GURU KELAS & GURU MATA PELAJARAN MELALUI MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) DI SD PERMATA NUSANTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Darmawati Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan administrasi buku kerja guru guru melalui monitoring dan evaluasi di SD Permata Nusantara. Dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu Guru mata pelajaran yaitu guru agama Kristen 1 orang, guru agama islam 3 orang dan guru PJOK 2 orang di SD Permata Nusantara Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumen). Indikator keberhasilan penelitian tindakan sekolah ini, yaitu apabila guru secara klasikal sudah mencapai nilai kategori baik atau nilai di atas 75. Dari hasil monitoring dan evaluasi terhadap 6 guru mata pelajaran dalam menyiapkan administrasi buku kerja guru pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil jika dibandingkan dengan data pra siklus, namun belum signifikan yaitu nilai pra siklus dengan rata-rata capaian guru hanya 53.21 menjadi 62.84 pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 9,63. Serta masih ada 1 guru yang kategori kurang dan yang lain kategori cukup. Pada siklus 2 hasil monitoring dan evaluasi terhadap 6 guru mata pelajaran dalam menyiapkan administrasi buku kerja guru terjadi peningkatan kembali, bila dibandingkan dengan data sebelumnya yaitu nilai siklus 1 dengan rata-rata capaian guru hanya 62.84 menjadi 79,75 pada siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 16.91. Semua guru sedah mencapai indicator keberhasil yang ditentukan yaitu besar dari 75 dengan kategori baik.


Keywords


Administrasi Guru, Monitoring dan Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Aleksa, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik melalui In house Training di SDK Diller. Serambi Akademica, Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 7( 5):612-617

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Medi, Yogyakarta.374 hlm.

Dunn, W. N. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 687hlm

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2): 76-82

Kemmis, S. and Mc.Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. DeakinUniversity Press. Victoria.

Osnal, (2016). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas 6 Melalui Supervisi Kelas Bersahabat di Gugus I Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016. Pancaran, 5(1): 133-146.

Pasionista, G (2019). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas melalui Supervisi Kelas Bersahabat di SD Katolik 092 Maumere III Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serambi PTK, 6(3): 133-183.

Pohan, N., dan Siregar, Y.E.Y. (2018). Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Penelitian Tindakan Sekolah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2): 132-139

Wiratama, A., Yudana, M., dan Candiasa (2013). Kontribusi Sikap Profesional, Etos Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4 (1): 1-10.

Williams, C. (2001). Management, (Edisi 1: Penerjemah M. S. Napitupulu). Salemba Empat, Jakarta. 456 hlm.

Windayana, H. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah. Eduhumaniora, 4(1): 1-8. https://doi.org/10.17509/eh.v4i1




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.