Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SMPN 41 Batam

Pijor Siregar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pada proses pembelajaran di SMPN 41 Batam. Saat ini, kondisi pembelajaran masih dirasakan kurang ideal. Model pembelajaran yang diterapkan guru kurang menarik sehingga menimbulkan kebosanan pada siswa. Sebagai akibatnya, siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru saat belajar sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini ditujukan untuk melihat efek penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 41 Batam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX 2 dengan jumlah 40 siswa. Model pembelajaran discovery learning yang diterapkan meliputi dua siklus; masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Materi yang dipilih adalah Penerapan Nilai-nilai Pancasila dari Masa ke Masa. Hasil penelitian menunjukkan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX 2 SMP Negeri 41 Batam tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I dan siklus II meningkat secara signifikan dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 87,5%.

Keywords


pembelajaran PKn, discovery learning, nilai-nilai Pancasila, penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Burais, L., Ikhsan, M., Duskri, M. (2016) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.

Cintia, N.I.; Kristin, F.; Anugraheni, I., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. PERSPEKTIF Ilmu Pendidika, 32(1), 69-77.

Darmawiyah, D. (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 17(2), 245.

Dina, A., Mawarsari, R., Suprapto. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada perangkat pembelajaran model discovery learning pada pendekatan scientific terhadap kemampuan komunikasi matematis materi geometri SMK. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(1), 22-31.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran

Yogyakarta Pustaka Pelajar

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan.

Luh, Ni., Sukadi, R., Nyoman, I. (2013) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, pp11.

Prasetyo, T. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD Gendongan 02. Cahaya Pendidikan, 5(2), 1-12.

Raihun. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn peserta didik kelas IX.3 SMP Negeri 4 Praya Timur. Jurnal Kependidikan, 5(2), 124-132.

Rudiyanto, H. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum, 4(01), 41-48

Sulfemi, W., Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan, Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17-30

Tim Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sadirman, A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Widihastuti, Setiati (2008). Pendidikan Kewarganegaraan: SD/MI Kelas V.Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Yulia, A., Ihsan, I., Handayani, S. (2020) Peningkatan kreativitas belajar dalam pembelajaran PKN melalui model discovery learning pada siswa kelas XI SMA UNIMUDA Sorong. Jurnal Pendidikan, 8(2), 153-159.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.