Pengaruh Penggunaan Google Classrom Terhadap Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah

M. Arifky Pratama, Hesty Oktafiany

Abstract


Wabah COVID-19 menjadikan adanya pembelajaran daring pada saat ini. Pembelajaran daringmerupakan pembalajaran secara online yang dilakukan okeh guru dan siswa dengan menggunakan media. Media yang mendukung pembelaaran daring salah satunya adalah google classroom. Penggunaan google classroom yang baik dapat menumbuhkan minat belajar siswa  adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan google classroom terhadap minat belajar siswa di MTs. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Non-Randomized group pre-test-posttest. Sampel penelitian ini diambil siswa kelas VIII MTsN 1 Bengkulu Selatan yang jumlahnya 42 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa terdapatnya pengaruh media pembelajaran google classrom terhadap minat belajar siswa MTs.

Kata Kunci : Google classroom, Minat belajar, Pembelajaran daring.


Keywords


Google classroom, Minat belajar, Pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 (Transformation of learning media during Covid-19 pandemic). Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905

Hartanto, S & Dyah Windyartiningsih. 2016. Kontribusi Persepsi Profesi Guru dan Minat Menjadi Guru Terhadap IPK Mahasiswa FKIP UNRIKA Batam, Jurnal Cahaya Pendidikan 2(1).

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Karina, R.M., Alfiati Syafrina, Sy. Habibah. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2017: 2(1): 61-77 .

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Googl Clasroom. Jurnal Educatio, 7(1), 142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Pemanfaatan e-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 800–816.

Purwoko, A. A., Burhanuddin, Andayani, Y. Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, N. Z., Pariza, D. (2021). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding SAINTEK E-ISSN: 2774-8057

Riwahyudin, A., Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau , Jurnal Pendidikan Dasar, 2015:6(1): 11-23.

Rusmiati, Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumber Mulyo, Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 2017:1(1): 21-36,

Setyaningrumn, S. I., Naniek, S. W & Tego Prasetyo. 2019. Pengaruh Pembelajaran Scientific Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD, Jurnal Cahaya Pendidikan 5(1).

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Semnas Ristek (Seminar …, 827–831. Retrieved from http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5072

Sukitman. (2020). Perjuangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Www.Kompaspedia.Kompas.Id, (September), 1–3. Retrieved from https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/kronologi/cerita-guru-di-masa-pandemi-covid-19

Wati, N. N. K. (2020). Implementasi Metode Demonstrasi Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Kelas A Prodi PGSD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–37. Retrieved from https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/edukasi/article/view/525

Wulandari, I. A. G. (2021). Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Ihdn Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 45–52.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.