Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Yudhi Hanggara, Ria Priharamy Hisaty, Nina Agustyaningrum

Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe AIR dan tipe Snowball Throwing serta perbedaan efektivitas pembelajaran menggunakan model AIR dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 12 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 12 Batam Tahun Ajaran 2018/2019. Sebagai sampel adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 siswa menggunakan model pembelajaran AIR dan kelas X IPS 4 yang berjumlah 35 siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian hasil belajar matematika. Hasil analisis instrumen adalah 5 soal yang valid dengan tingkat kesukaran sedang, daya pembeda yang cukup, baik, sangat baik, dan reliabilitas yang tinggi. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan one sample t-test dan hipotesis 3 menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe AIR efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 12 Batam, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing tidak efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 12 Batam, (3) Terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe AIR dan Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAN 12 Batam.


Keywords


AIR, Snowball Throwing, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Alan, U.F. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectually repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68-77.

Elferasi Agustina. (2017). Model snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika kelas VII-A SMP Kartika XII-1. Union, 5(2), 169-174.

Fitriana Martina. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kedisplinan Siswa. Fibonacci, 2(1), 59 – 68.

Hamdayama, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Handayani, I.M. (2014). Keefektifan auditory intellectualy repetition berbantuan LKPD terhadap kemampuan penalaran peserta didik SMP.Kreano,5(1),1-9.

Khadijah & Sukmawati. (2013). Efektivitas model pembelajaran auditory intellectually repetition dalam pengajaran matematika di kelas VII MTs. Edu-Mat,1(1), 68-75.

Kurniawati, S.W. (2016). “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Budi Mulia Minggir Sleman”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sanat Dharma, Yogyakarta.

Kurniawati, S.W. (2016). “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Budi Mulia Minggir Sleman”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Sanat Dharma, Yogyakarta.

Maghfiroh Laila. (2015). Efektivitas pembelajaran snowball throwing berbantuan modul materi segiempat kelas VII. Delta, 3(2), 51-57.

Munawaroh Mumun & Alamuddin Ali. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. Eduma, 3(2), 163 – 173.

Purnamasari, Y.I. (2014). “Pengaruh model pembelajaran auditory intellectualy repetition (AIR) terhadap prestasi belajar matematika pada materi aljabar kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Jetis”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah, Ponorogo.

Yuliati. (2015). Efektifitas penggunaan model kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan linear di kelas XI-IS-2 SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 65-78.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v7i2.3792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.