KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMECAHAN MASALAHDENGAN TEKNIK POLYADENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIMTs USB SAGULUNG BATAM TAHUN PELAJARAN2013/2014

Wati Ritonga, Yudhi Hanggara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah dengan teknik polya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs USB Sagulung Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampelnya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 96 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden dilakukan uji validitas dan reabilitas. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebesar 1,9 dan Ftabel sebesar 3,09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematika dan pemecahan masalah dengan teknik Polya secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa VII MTs USB Sagulung Batam Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci : kemampuan komunikasi matematika, pemecahan masalah dengan teknik Polya, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v1i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.