Penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi COVID-19 di SMP

Agus Giri Yulianta

Abstract


Abstrak 

Pada saat ini wabah pandemi covid-19 masih dihadapi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penanggulangan penyebaran covid-19 yang dilakukan pemerintah dalam dunia pendidikan dengan jalan pembelajaran jarak jauh. Namun  pembelajaran jarak jauh menyebabakan learning lost bagi peserta didik, sehingga pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas. Dalam pembelajaran tatap muka terbatas ditemukan permasalahan ternyata peserta didik kurang aktif, kedisiplinan kurang, kerjasama dengan peserta didik kurang. Penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran tatap muka terbatas menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permaslahan tersebut.

Tujuan karya tulis ini adalah mendeskripsikan penggunaan media roda berputar dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa covid-19 di kelas VIII.9 SMPN 16 Batam semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Dari data yang diperoleh ternyata sebelum penggunaan media roda berputar dalam pembelajran tatap muka terbatas peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 10 dari 22 peserta didik dalam persentase keberhasilan 46%,  setelah digunakan media belajar roda berputar dalam pembelajaran tatap muka terbatas  di kelas VIII.9 diperoleh hasil peserta didik yang belajar tuntas sebanyak 17 dari 22 peserta didik dalam persentase keberhasilan 77 %.


Keywords


Kata Kunci; Roda Berputar; Tatap Muka Terbatas; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Aji, R. H. S. 2020."Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran" Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Volume 5, Nomor 1, (hlm. 395–402).

Arends, Richard, I,. (2013). Belajar Untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aulia, Aulia. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Tanya-Jawab dalam Bentuk Roda Keberuntungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran PAI di SMP Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. Diakses dari http://eprints.radenfatah.ac.id/692/1/AULIA_TarPai.pdf pada tanggal 13 Maret 2020

Batam pos.2021. Kota Batam Bersiap Gelar Belajar Tatap Muka https://batampos.co.id/2021/09/13/kota-batam-bersiap-gelar-belajar-tatap-muka/

Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan

Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan : Media Persada

Kemendikbud, (2016), Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Kompri. 2017. Belajar faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi

Nike Kurniadewi.2019. Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Teknodik Vol 23, No 1.81-84

Rahman, Ridwan Arif & Dewi Tresnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Mulitimedia. Jurnal Alogritma, 13 (1): 184-190.

Rifa, Iva. 2012. Koleksi Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta:FlashBook

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar danPembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suryadi, Ace. 2014. Pendidikan Indonesia Menuju 2025. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Uswatun Hasanah1 , Sarjono 2 , Ahmad Hariyadi3. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. doi: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021

Wahyuni. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Kemampuan Menulis Hanzi pada Peserta didik Kelas XI SMA Negeri Carme Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya

Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media).The Messenger, 3(1), 69–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/themessenger. v3i2.270

Depoedu. 2021. Apa Kata Para Ahli Tentang Keputusan Pemerintah Menyelenggarakan Tatap Muka Terbatas?.

https://www.depoedu.com/2021/06/19/edu-talk/apa-kata-para-ahli-tentang-keputusan-pemerintah-menyelenggarakan-tatap-muka-terbatas/




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i1.3883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.