Manajemen implementasi program Link and Match di SMK Negeri 1 Batam

Fauziah Nasution, Albert Efendi Pohan, Tri Nugroho, Ahmad Rafii, Santy Mery

Abstract


Studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen implementsi program Link and Match di SMK Negeri 1 Batam. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus diterapkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 wakil kepala sekolah, 3 kepala unit kerja, 5 alumni, dan 3 pakar dari industri. Validasi data penelitian adalah tri angulasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menujukkan: (1) perencanaan dirancang dengan mengkaji peraturan pemerintah tentang pelaksanaan program Link and Match. (2) Pengorganisasian ditentukan kepala sekolah dengan membentuk tim kerja yang profesional. (3) Implementasi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan industri, mengoptimalkan bursa kerja khusus (BKK), dan menyediakan kelas industri. (4) Pengendalian dilakukan oleh supervisi kepala sekolah (5) Faktor pendukung lainnya: Pertama, ketersediaan program pemagangan guru. Kedua, memberikan sertifikat uji kompetensi kepada seluruh siswa. Ketiga, standarisasi prosedur kerja sesuai dengan standar industri. Dan kelima, memberikan program benchmarking dan mengunjungi SMK di berbagai Negarai.

Keywords


Manajemen, Implementasi, Link and Match

Full Text:

PDF

References


Achsani, H., Kustono, D., & Suhartadi, S. 2020. Model Kelas Industri pada Mitsubishi School Program di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Volume 5(8), 1078-1085.

Adri, J., Ambiyar, Refdinal, Giatman, M., & Azman, A. 2020. Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 170-181.

Aldo Redho Syam. 2017. Posisi Manejemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Muaddib. Volume 7/1/2017. Hal. 35-36.

Anisah, N., Triana, D. D., & Sutisna, A. 2020. Link And Match Pendidikan Sistem Ganda Dalam Program Praktek Kerja Industri Smk Islam Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Volume 1(1), 08-17-2020.

Atmaji, N. D. 2019. Efektivitas Bursa Kerja Khusus SMK Giripuro Sumpiuh dalam Penyaluran Tenaga Kerja. Jurnal UST Jogja, Volume 1(1), 1-15.

Atmawati., Samsudi., & Sudana, I. M. 2017. Keefektifan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 1-8.

Ayu, E. F & Trihantoyo, S. 2021. Optimalisasi Bursa Kerja Khusus Dalam Menyalurkan Lulusan SMK Pada Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 9(4), 932-941.

Azman, A., Ambiyar., Simatupang, W., Karudin, A., & Dakhi, O. 2020. Link and Match Policy in Vocational Education to Address the Problem of Unemployment. International Journal Of Multi Science, 1(6), 76-85.

Blegur, A & Handoyo, S. A. 2020. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), 51-61.

Burns, C., & Chopra. 2017. A Meta-Analysis of the Effect of Industry Engagement on Student Learning in Undergraduate Programs. The Journal of Technology, Management, and Applied Engineering, 33(1), 2-20.

Cahyanti., Indriayu, M., & Sudarno. 2018. Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(1) 2018.

Chen, P., Goncharova, A., Pilz, M., Frommberger, D., Junmin Li., Romanova, O., & Lin, Y. 2021. International Curriculum Comparison in Vocational Education and Training: A Collaborative Development of an Analysis Instrument. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 2021, Vol. 8, Issue 4, 16-43.

Dakhi, O., Masril, M., Novalinda, R., Jufrinaldi, J., & Ambiyar, A. 2020. Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Cipher. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 27-36.

Daud, Y., Dali, P. D., Khalid, R., & Fauzee, M. S. O. 2018. Teaching and Learning Supervision, Teachers’ Attitude towards Classroom Supervision and Students’ Participation. International Journal of Instruction, Volume 11(4), 513-526.

Dezhbankhan, F, Baranovich, D.L., Abedalaziz, N., dan Dezhbankhan, S. 2021. Impacts of Metacognition Management System (MMS) Training Course on Metacognitive Competencies. International Education Studies; Vol. 14, No. 1; 2021.

Disas, E.P. 2018. Link and Match Sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231-242.

Fiolentin, E., Kusnan., Suparji., & Rijanto, T. 2021. Project Work Based Modules Development on Construction and Building Utilities Subjects to Increase Student Learning Outcomes of Vocational High School. International Journal for Educational and Vocational Studies,3 (2) (2021), 103-109.

Ho Thi Hanh Tien, Ho Thi Ai, Tran Thi Quynh Nhu. 2020. An Analysis on the Pedagogy and Assessment of Transversal Skills in Vietnamese Technical and Vocational Education and Training (TVET). International Journal of Vocational Education and Training Research. Vol. 6, No. 1, 2020, pp. 1-10.

Khun-inkeeree, H., Dali, P. D., Daud, Y., Fauzee, M. S. O., & Khalid, R. 2019. Effects of Teaching and Learning Supervision on Teachers Attitudes to Supervision at Secondary School in Kubang Pasu District, Kedah. International Journal of Instruction, Volume 12(1), 1336-1350.

Khotimah, P. C., Katun, S., & Widodo, J. 2020. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 7 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 14(2) 2020.

Koontz, H. and O. Donnell, C. 1972. Principles of Management: An-Analysis of Managerial Function. New York: McGraw Hill Book Company.

Kotlar, J., Alfredo, Wright, M., dan Frattini, F. 2018. Organizational Goals: Antecedents, Formation Processes and Implications for Firm Behavior and Performance. International Journal of Management Reviews, Vol. 20, S3–S18 (2018).

Lewis, P.V. 1987. Organizational Communication. New York: John Willey & Sons, Inc

Livana PH., Suwoso, R.H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Perekonomian Masyarakat Desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37-48.

Mardiyah, A. R & Nurwati, N. R. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Angka Pengangguran Di Indonesia. Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Diakses dari Academia.Edu Google Scholar https://s.id/z-19X.

Mahfud, T., Siswanto, I., Wijayanto, D. S., & Puspitasari, P. F. 2020. Antecedent Factors Of Vocational High School Students’ Readiness For Selecting Careers: A Case In Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Volume 39(3), 633-644.

Masdarini, L. 2014. Usaha-Usaha Penyaluran Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Optimalisasi Peran Bursa Kerja Khusus. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 7, 589-595.

Meldianto, E., Sukardi, & Rohmantoro, D. 2019. Information and Communication Technology: Social Networking Sites in Career Centers in Vocational High Schools. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), Volume 9(1), 1482-1485.

Michail, P & Devie. 2013. Analisa Pengaruh Penggunaan Benchmarking Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Journal of Business Accounting Review, Volue 1(2), 2013, 39-49.

Mondy. R. Wayne dan Premeaux, Shane R. 1995. Management: Concepts, Practices, and Skills. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Ogbuanya, T. C., Njoku, C. A., Kemi, P. O., and Ogunkelu, M. O. 2018. Evaluating the Effectiveness of Students Industrial Work Experience Scheme (SIWES) Program to Ensure Quality of Technical, Vocational Education and Training in Technical Colleges in Lagos State. International Journal of Vocational and Technical Education, 10(7), 61-69.

Ohara, E., Slamet, P.H., & Maruanaya, R. F. 2020. Policy Shift To Reduce Unemployment Of Vocational Secondary School Graduates In Indonesia (A National Study). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(2), 129-139.

Prasetyawan, H. 2020. Strategi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK dalam Mengantar Alumni Mendapat Pekerjaan. Jurnal Mitra Pendidikan, Volume 4(3), 28-143.

Prasetyo, Y. D., Tiwan., & Soemowidagdo, A. L. 2018. Pengaruh Praktik Industri terhadap Hard Skill Siswa SMK Pada Program Keahlian Teknik Pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 87-93.

Rahman, A. 2021. High Participation, Low Impact: The Challenge for Teacher Professional Development in Indonesia. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, Volume 5(1), 1-10.

Rakhman, M. L., & Trihantoyo, S. 2020. Peran Hubungan Masyarakat Era Marketing 4.0 dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Volume 08(03), 199-212.

Range, B., Duncan, H., & Hvidston, D. 2013. How Faculty Supervise and Mentor Pre-Service Teachers: Implications for Principal Supervision of Novice Teachers. International Journal of Educational Leadership Preparation, Volume 8(2), 43-58.

Richard Skiba. 2020. Rationalization in Australian Vocational Education and Training. International Journal of Vocational Education and Training Research, Volume 6(1),. 17-27.

Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. 2017. Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, Volume 11 Nomor 2 (2017).

Rudy, S. 2018. Innovation in Governance to Enhance Competency in the Future. Paper presented at the 4th ASEAN+3 HRD Forum Digital Economy and Shared Future: Innovation, Policy, and Governance in Skills Development, Jeju Island, South Korea.

Samido. 2017. Efektifitas Pelaksanaan Magang Industri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Taman Vokasi Volume 5, No 2, Desember 2017, 246-254.

Sari, D. E., Santosa, S., & Susilaningsih. 2017. Pengembangan Bursa Kerja Khusus (BKK) Berbasis Website di SMK Negeri Jatipuro Karanganyar untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan di Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Volume 3(3), 143-152.

Saroni, M. 2017. Sertifikasi Keahlian Siswa. Yogyakarta: Aruzz Media

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kampus Teluk Dalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Volume 6(1), 90-96.

Sasongko, F. D., Malik, A., & Sativa. 2020. Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) Dalam Menyalurkan Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK N 2 Klaten Ke Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Volume 2(2), 175-189.

Siagian. S.P. 2004. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Soesilowati, E. S. 2009. Link and Match Dunia Pendidikan dan Dunia Industri Dalam Meningkatkan Daya Saing Tenaga Kerja Dan Industri. Jakarta. LIPPI Press, Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Stoner, James A.E and Edward Freeman. 1996. Management. New York: Prentice Hall.

Subandi, S. 2015. Supervision Implementation in Management Quality: An Attempt to Improve the Quality of Learning at Madrasah Aliyah Darul A’mal Metro. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1(3), 446-461.

Suryadi, B., Sawitri, D. R., Hayat, B., & Putra, M. D. K. 2020. The Influence of Adolescent-Parent Career Congruence and Counselor Roles in Vocational Guidance on the Career Orientation of Students. International Journal of Instruction, Volume 13(2), 45-60.

Terry. G.R. 1975. Principles of Management. Illions: Richard D. Irwin Inc.

Unsudah, E. N., & Irianti, A. H. 2020. Improving Human Resource Through School-Industry Cooperation Program to Face Industry 4.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 406, 280-286.

Wahyu. 2020. Concept of Supervision of Learning Process in Increasing the Quality of Education Results in Madrasah. International Journal of Nusantara Islam, Volume 8(1), 67-77.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, C & Rifa’I, M. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Dalam Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efesien dan Efektif. Medan: Penerbit Perdana.

Winardi. 1990. Asas-Asas Manajemen. Bandung: Mandar Madju.

Wiwik Wiyati. 2021. Implementation of Order E-Points As A Strengthening Implementation of Character Education at State Vocational High School 1 Wonoasri. International Journal for Educational and Vocational Studies, Volume 3(2), 94-102.

Woods, D. 2008. The Impact of VET on Transition to Work For Young People in Australia. Education Training Journal, Volume 5(6), 465-473.

Yulianto & Sutrisno, B. 2014. Pengelolaan Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri: Studi Situs SMK Negeri 2 Kendal. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 24(1), 19-37.

Yustiana, M. 2020. Pembinaan Untuk Mengoptimalkan Hasil Kegiatan Magang Guru Produktif SMK Negeri 3 Magelang Melalui Learning Community. Journal of Syntax Idea, Volume 2(1), 52-66.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i2.4498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.