Level berpikir probabilistik siswa SMPN 3 Satu Atap Gebog

Muhamad Gani Rohman

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui level kemampuan berpikir probabilistik siswa SMPN 3 Satu Atap Gebog Kudus. Kemampuan berpikir probabilistik dipandang sebagai kemampuan yang penting bagi masa depan siswa karena pasti dimasa mendatang para siswa akan menghadapi situasi ketidakpastian.  Memiliki level kemampuan berpikir probabilisitk yang baik memudahkan para siswa mengambil keputusan dengan lebih baik di masa mendatang. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif dengan pemilihan subjek penelitian secara purposive sampling dengan enam sampel untuk mengetahui level kemampuan probabilistik siswa kelompok atas, tengah, dan bawah. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen dokumen tes kemampuan berpikir probabilistik dan wawancara. Data analisis dokumentasi tes probabilistik siswa kemudian disandingan dengan hasil wawancara siswa dengan teknik triangulasi untuk memperoleh kesimpulan instrumen indikator kemampuan berpikir probabilistik siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan level berpikir probabilistik siswa SMPN 3 Satu Atap Gebog beserta indikator kemampuan berpikir probabilistik siswa kelompok bawah berada pada level Subjektif, siswa kelompok tengah pada level Transisi, dan siswa kelompok atas pada level Numerik.

Kata Kunci : Level Berpikir Probabilistik, Kemampuan Berpikir Probabilistik, Tes Kemampuan Probabilistik


Keywords


Level Berpikir Probabilistik, Kemampuan Berpikir Probabilistik, Tes Kemampuan Probabilistik

Full Text:

PDF

References


Arends, L. R. (2008). Learning to Teach. Pustaka Pelajar.

Batanero, C., & Sanchez, E. (2005). What is the Nature of High School Students’ Conceptions and Misconceptions About Probability? In Exploring Probability in School. https://doi.org/10.1007/0-387-24530-8_11

Dobrin, A. V., & Shcherbatykh, S. V. (2021). Distinctive features of executive functions among students with differing levels of probabilistic thinking style. International Journal of Instruction, 14(4), 223–240. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14414a

Fa’ani, A. M. dkk. (2016). Level Berpikir Probabilistik Siswa MA KH Moh Said Kepanjen. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya.

Mayan Fa, A. (2016). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. Jurusan Matematika, FMIPA UM. In Agustus (Vol. 13).

Miles, M. B. dan A. M. H. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. UI Press.

Narulita, I. V. (2015). Profil Berpikir Probabilistik Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Probabilitas Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Universitas Negeri Surabaya.

Qomaria, N. (2014). Level Berpikir Probabilistik Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang dan Scaffoldingnya. Universitas Negeri Malang.

Raya, R., St Suwarsono, & Lukito, A. (2021). Probabilistic Thinking of Senior High School Students with Low Mathematical Abilities in Solving Probability Tasks. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012073

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Perkembangan Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi PembelajaranMatematika, 1, 1–49.

Shodiqin, A., Sukestiyarno, Y. L., Wardono, & Isnarto. (2021). Probabilistic Thinking Profile of Mathematics Teacher Candidates in Problem Solving based on Self-Regulated Learning. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1199

Sujadi, I. (2008). Rekonstruksi Tingkat-Tingkat Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Sujanto, A. (2004). Psikologi Umum. Bumi Aksara.

Tarr, J. E., & Jones, G. A. (1997). A framework for assessing middle school students’ thinking in conditional probability and independence. Mathematics Education Research Journal, 9(1). https://doi.org/10.1007/BF03217301

Vergara, A., Estrella, S., & Vidal-Szabó, P. (2020). Relationships between proportional thinking and probabilistic thinking in decision-making situations. Revista Latinoamericana de Investigacion En Matematica Educativa, 23(1). https://doi.org/10.12802/relime.20.2311




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i2.4589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.