Efektivitas konseling individual dengan expressive art therapy dalam menurunkan kecenderungan stress siswi SMP ‘X’ Batam

Firda Sari Astuti, Juwita Juwita, Wilda Fasim Hasibuan, Sri Wahyuni Adiningtyas

Abstract


Masa remaja merupakan masa badai stres, sehingga muncul pergolakan emosi dan perilaku sebelum mencapai keseimbangan yang lebih stabil di masa dewasa. Kondisi tersebut membuat remaja rentan mengalami masalah psikologi, salah satunya kecenderungan stres. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektifitas konseling individual dengan teknik expressive art therapy untuk menurunkan kecenderungan stres terhadap siswi SMP X Batam. Pada penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental one grup pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah 10 siswi SMP X Batam. Layanan konseling individual dengan teknik expressive art therapy meliputi psikoedukasi, emotion painting, brain dump, dan dear myself. Alat ukur yang digunakan adalah Depression Anxiety Stress Scale (DASS) yang sudah dibakukan dan digunakan dalam banyak penelitian depresi, stres dan kecemasan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan penurunan dan beberapa mengalami peningkatan kecenderungan stres setelah mengikuti treatment. Kesimpulannya adalah konseling individual dengan teknik expressive art therapy belum efektif dalam menurunkan kecenderungan stres terhadap siswi SMPX Batam.  


Keywords


expressive art therapy, stres, remaja

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. F., Badrujaman, A., & Tjalla, A. (2016). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual (Survei pada siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.051.13

Ardila, H., Prastiti, N. T., & Meiyuntariningsih, T. (2019). Efektitivitas Expressive Art’s Therapy untuk Menurunkan Post traumatic Stress Disoreder (PTSD) Pada Anak Korban Gempa Bumi di Kecamatan Gunungsari, Nusa Tenggara barat di Tinjau Dari Dukungan Sosial. 1st Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan, 0, Article 0. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNFIK2019/article/view/370

Autopah, D., Hendriks, A. C., Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Analisis Keterkaitan antara Kecemasan dengan Covid-19 berdasarkan Lukas 21:26. SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(1), Article 1. https://sttybmanado.ac.id/e-journal/index.php/shamayim/

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.29210/120182136

Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Coping Stress pada Remaja. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 5(2), Article 2. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/629

Eva, E., Affifah, G. H., Hanun, I. N., & Solihin, S. (2021). Efektivitas Art Theraphy Dalam Membantu Mencerdaskan Emosional Pada Anak Kelas 1-6 Madrsah Desa Jagabaya. Proceeding UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(22), Article 22. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/206

Fitrianti, E. I., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2). https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i02.p13

Hari, P. P., Widodo, D., & Widiani, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Dengan Tinkat Stres Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Anak Kelas VI Di SDN Sukun 1 Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3). https://doi.org/10.33366/nn.v2i3.687

Iqramah, N., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2018). Strategi Coping (Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping) Dalam Menghadapi Stres Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(4), Article 4. https://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/6209

Kurniawaty, N., Setiawaty, D., & Badrujaman, A. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Keterlaksanaan Layanan Konseling Individual Pada Guru BK SMPN di Jakarta Timur. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.14

Kusumadewi, S., & Wahyuningsih, H. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Penilaian Gangguan Depresii, Kecemasan dan Stress Berdasarkan DASS-42. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020721052

Kusumawardhani, D. D., & Mamesah, M. (2020). Gambaran Penerimaan Diri Siswa yang Mengalami Perceraian Orangtua. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.092.04

Lee, Y. (2020). Expressive art therapy and mental wellbeing. Motifs : An International Journal of English Studies, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.5958/2454-1753.2020.00001.X

Maftukha, N. (2017). Art Therapy Seni Lukis Ekspresif untuk Penderita Gangguan Kejiwaan di Unit Informasi Layanan Sosial (Uils) Meruya. Narada, 4(3), 325–333. https://www.neliti.com/publications/291089/

Mahardika, B. (2017). Implementasi Metode Art Therapy dalam Mencerdaskan Emosional Siswa. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.37150/jut.v3i2.68

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Regulasi emosi, stres, dan kesejahteraan psikologis: Studi pada ibu work from home dalam menghadapi pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung. https://digilib.uinsgd.ac.id/30722/

Putriani, L. (2021). Konselor Dalam Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Expressive Arts Therapy. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(2), Article 2. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/as-syamil/article/view/480

Rochani, Dalimunthe, R. Z., & Ramadhan, R. A. (2021). Mereduksi Tingkat Stres Ketua Ekstrakurikuler Dengan Mindfulness-Based Stress Reduction. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.102.01

Siegel, J., Iida, H., Rachlin, K., & Yount, G. (2016). Expressive Arts Therapy with Hospitalized Children: A Pilot Study of Co-Creating Healing Sock Creatures©. Journal of Pediatric Nursing, 31(1), 92–98. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2015.08.006

Sunaringsih, M. S., Tiatri, S., & Patmonodewo, S. (2020). Effectiveness of Expressive Art Therapy Group to Reduce Stress Level in Mothers of Children with Neurodevelopmental Disorders. 606–611. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.101

Sutjiato, M. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, 5(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jikmu/article/view/7176

Triana Dewi, G. A. N., & Meiyutariningsih, T. (2021). Efektivitas Art Therapy Sebagai Katarsis untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Akademik pada Remaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10), 5006. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4263

Tualeka, T. D., & Rohmah, F. A. (2022). Efektifitas Expressive Art Therapy untuk Menurunkan Kecemasan Pada Kelompok Remaja Putri di Panti Asuhan. 10.

Van Lith, T. (2016). Art therapy in mental health: A systematic review of approaches and practices. The Arts in Psychotherapy, 47, 9–22. https://doi.org/10.1016/j.aip.2015.09.003

Widiani, S., S, A. S., & Komalasari, G. (2017). Hubungan Tingkat Stres Dengan Penggunaan Strategi Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi di Jurusan BK Angkatan 2008 FIP UNJ. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.18




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v8i2.4762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.