PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN KECAMATAN LEMBAH GUMANTI

Asmaul Husna

Abstract


Kemampuan memahami konsep-konsep matematika dan keterampilan komunikasi adalah tujuan pembelajaran matematika sebagaimana yang dinyatakan oleh Departemen Pendidikan, dan merupakan aspek yang sangat penting dalam belajar matematika. Kurangnya keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep-konsep matematika siswa akan mempengaruhi kualitas belajar siswa yang menghasilkan prestasi siswa rendah di sekolah, itu juga terjadi di SMP N Lembah Gumanti. Think Talk Write learning strategies adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam belajar. Penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari SMP N Lembah Gumanti Kabupaten. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 SMP N 3 Lembah Gumanti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII 2 kelas sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANCOVA (analisis Kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep secara keseluruhan dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan menggunakan low initial learning strategy awal TTW lebih tinggi daripada siswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional, keterampilan komunikasi dan strategi yang mampu keseluruhan tinggi awal pembelajaran yang diajarkan oleh TTW lebih tinggi dari siswa yang diajar oleh pembelajaran konvensional

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif TipeThink Talk Write,Kemampuan Awal, Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Komunikasi Matematis.

 

 

The ability of understanding mathematical concepts and communication skills was a math learning goals stated by the Ministry of Education, and was a very important aspect in learning mathematics. Lack of communication skills and understanding of mathematical concepts students will affect the quality of student learning that result in low student achievement in school, it was also happening in SMP N Lembah Gumanti. Think Talk Write learning strategies was one alternative to improve the liveliness and creativity of students in learning.This research is a Quasi Experiment. The population in this study were students of SMP N Lembah Gumanti District. The samples in this study were students of class VIII 1 SMP N 3 Lembah Gumanti as experimental class and VIII 2 grade students as a class randomly selected controls. Instrument used was a written test. The data obtained were analyzed using ANCOVA test (analysis of Covariance).The results showed that the ability of understanding the overall concept and capable students who are taught by low initial learning strategy TTW higher than students taught with conventional learning, communication skills and capable overall high initial learning strategies taught by TTW higher than the students who taught by conventional learning.

Keywords: ofthink, talk, writelearning strategy, plimary ability, kemampuan awal, math concept and communicationskill.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: PT RinekaCipta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maula, Nikmatul. 2012. “Model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)”.(Online), (http://maulanikmatul.blogspot.com/2012/01/model-pembelajaran-think-talk-write-ttw.html, diakses tanggal 17 Maret 2013)

Martinis Yamin dan Bansu. I. Antasari. (2008). “Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa”. Gaung Persada Press: Jakarta.

Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.