KONTRIBUSI PERSEPSI PROFESI GURU DAN MINAT MENJADIGURU TERHADAP IPK MAHASISWA FKIP UNRIKA BATAM CONTRIBUTION TO THE PERCEPTION OF PROFESSION TEACHERS AND INTEREST MENJADIGURU STUDENTS AGAINST GPA FKIP UNRIKA BATAM

Suryo Hartanto, Dyah Windyartiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi persepsi tentang profesi guru dan minat menjadi guru terhadap IPK mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau Kepulauan, Batam. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi terdiri dari 1304 mahasiswa dari semua program studi dan tingkatan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan dengan jumlah sampel 297 mahasiswa menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah Rumus Korelasi Pearson Product Momentdan Rumus Korelasi Berganda yang dilengkapi dengan rumus Koefisien Determinasi.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya kontribusi persepsi tentang profesi guru terhadap IPK Mahasiswa FKIP UNRIKA sebesar 14.98% dengan kategori rendah, dan kontribusi minat menjadi guru terhadap IPK Mahasiswa FKIP UNRIKA sebesar 8.24% dengan kategori rendah. Sedangkan, kontribusi persepsi tentang profesi guru dan minat menjadi guru terhadap IPK Mahasiswa FKIP UNRIKA dengan persentase sebesar 17.10%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi tentang profesi guru dan minat menjadi guru berkontribusi terhadap hasil IPK Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kata kunci: persepsi, minat, profesi guru, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

 

 

The purpose of this research was to determine contributions perception of teaching profession and interest in becoming a teacher towards students GPA of the Students Training and Education Faculty ofRiau Kepulauan University, Batam.This research is correlational. The population  are1304 students from all departments and levels in Students Training and Education Faculty at Riau Kepulauan University, using  297 sample of students taken by simple random sampling technique. The research instrument was questionnaire that has been tested for validity and reliability.Based on research, the percentage of contribution perception of teaching profession towards Students GPA is 14.98% belong to low category, and percentage of contribution interest in becoming a teacher towards students GPA is 8.24% belong to low category also. There is a contribution perception of teaching profession and interest in becoming a teacher towards students GPA of Student Training and Education Faculty, Riau Kepulauan University with contribution percentage 17.10%. Based on these, concluded that perception of teaching profession and interest in becoming a teachers contribute to Student GPA of Student Training and Education Faculty.

Keywords: perception, interest in teaching, teaching profession, GPA


Full Text:

PDF

References


Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Djaali, H. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Lubis, S. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi ke-2. padang: Sukabina Press.

Misbahudin, &. I. (2013). Analisa Data dengan Statistika Edisi ke-2. Jakarta: Budi Aksara.

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika, untuk penelitian pendidikan, Sosial, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Robandi, B. (2005). hand Out Mata Kuliah Landasan Pendidikan. Bandung: UPI.

Wulandari, R. (2012). Korelasi Persepsi Mata Pelajaran Matematika dan Minat Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.