HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM RELATIONSHIP BETWEEN SELF EFFICACY AND INTRINSIC MOTIVATION WITH ACADEMIC PROCRASTINATION RIAU ISLANDS UNIVERSITY STUDENTS FKIP BATAM

Junierissa Marpaung, Eka Wilany

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara self efficacy dan motivasi instrinsik dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA). Tujuan khusus penelitian ini adalah agar mahasiswa dapat menambah pengetahuan dan mampu mengaplikasikannya dalam perkuliahan agar mengurangi terjadinya prokrastinasi akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan suatu rancangan penelitian. Rancangan penelitian ini diuraikan dalam prosedur penelitian untuk mendapatkan hasil yang efektif. Prosedur penelitian ini terdiri dari pembuatan tiga angket skala kemudian divalidatorkan kepada ahlinya dan dilakukan uji coba. Setelah diujicobakan kemudian akan dilakukan penelitian yang dimana angket skala tersebut diberikan kepada sampel sebanyak 160 orang mahasiswa kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 19. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain untuk membantu mahasiswa dalam memperoleh alternatif cara untuk mengurangi dan menghindari prokrastinasi akademik dan cara bagaimana meningkatkan self efficacy dan motivasi intrinsik yang akan berpengaruh pada Indeks Prestasi (IP) mahasiswa.Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dan motivasi intrinsik dengan prokrastinasi akademik. Dimana self efficacy dan motivasi intrinsik berpengaruh dalam meningkatkan dan mengurangi prokrastinasi akademik mahasiswa FKIP Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA).

 

Kata kunci       : Self Efficacy, Motivasi Intrinsik, Prokrastinasi Akademik


The general objective of this study was to look at the relationship between self-efficacy and intrinsic motivation with students' academic procrastination the Faculty of Education University of Riau Kepulauan (UNRIKA). The specific objective of this study is to allow students to gain knowledge and able to apply in lectures in order to reduce the occurrence of academic procrastination. To achieve these objectives, we need a research design. The study design is described in a research procedure to obtain effective results. The procedure of this study consisted of three questionnaire scale manufacture then divalidatorkan the experts and conducted trials. Having tested will then be carried out research which scale questionnaire was given to a sample of 160 students was analyzed using SPSS version 19. The expected benefits of this research are to assist students in seeking alternative ways to reduce and avoid academic procrastination and how to improve self-efficacy and intrinsic motivation that will affect the Achievement Index (IP) students. Results from this study that there is a relationship between self-efficacy and intrinsic motivation with academic procrastination. Where self-efficacy and intrinsic motivation influential in increasing and reducing students' academic procrastination FKIP University of Riau Islands (UNRIKA).

 

Keywords: Self efficacy, Intrinsic Motivation, Academic Procrastination



Full Text:

PDF

References


Dyah Ayu Rahmawati. 2011. Hubungan antara Konsep Diri dan Dukungan Sosial Teman dengan Prokrastinasi Akademik Penulisan Skripsi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghufron,M.Nur dan Rini Risnawita. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.

Lia Mariana. 2012. Hubungan antara Persepsi terhadap Standar Kompetensi Lulusan dan Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik. Tesis. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta.

Lubis, Zulkarnain. 2010. Penggunaan Statistika Dalam Penelitian Sosial. Medan: Perdana

Publishing.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wade, Carole dan Tavris, Carol




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v2i2.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.