Systematics Literature Review: The use of learning media to improve student's mathematical creative thinking skills in 21st century learning
Abstract
Keywords
References
Agus, R. N., & Sholahudin, U. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(2), 138 –142. https://doi.org/10.37150/jp.v6i2.1885
Anawati, S., & Isnaningrum, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Media Pembelajaran Manipulatif Konsep Bangun Ruang. Prosandika Unikal (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1(1), 391 – 400.
Arumsarie, R. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri, Media Penelitian Pendidikan. 12(1), 65 – 75.
Cahyono, B., Rohman, A. A., Setyawati, R. D., & Dzakiyyah, R. ’Ilmi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-komik Berbasis Etnomatematik dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri MTs. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2283 – 2295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7398
Daniyati, A., Saputri, I. B., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282 – 294.
Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman. (2022). Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337 – 348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071
Faturohman, I., & Afriansyah, A. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107 – 118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.596
Hamzah, R. A., Mesra, R., Karo, K. B., Alifah, N., Hartini, A., Agusta, H. G. P., Yusuf, F. M., Subroto, D. E., Lisarani, V., Ramadhani, M. I., Larekeng, S. H., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2024). Strategi Pembelajaran Abad 21. PT. Mifandi Mandiri Digital. Sumatra Utara. 218 hlm.
Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 80 – 86.
Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722. https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1151
Hidayah, N. C., Ulya, H., & Masfuah, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1368–1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1366
Ismara, L., Halini, & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9), 1–8.
Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 114–121. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3328
Latifah, A., U., & Auliya, N., N., F. (2024). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Matematika. Pubmedia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 1-8. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i3.439
Mahfi, F. K., Marzal, J., & Saharudin, S. (2020). Pengembangan Game Edutainment Berbasis Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 39 - 50. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9901
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424 – 437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pola Barisan Bilangan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Mustika, J. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (PJBL) Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3573. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5929
Nadeak, C., Siahaan, T. M., & Purba, Y. O. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Himpunan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1316 – 1329.
Noptario, & Prastowo, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran matematika berdasarkan prinsip kreatif dan menarik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 754–763. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6642
Pajrin, N., F., Pujiastuti, E., & Sugiman. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Teknologi Abad-21. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 22 – 34.
Priangga, Y. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1116–1126.
Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, Moh. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540–550. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014
Rachmawati, D. F., Handayanto, I. A., & Utami, R. E. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbantu Website dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 258–265.
Ranila, R., Yunianta, T. N. H., & Prihatnani, E. (2023). Development of Android-Based Titungan Game Learning Media to Train Students’ Creative Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 599–614.
Ridwan, I. R., Rizaldi, V. P., Susilawati, S., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Media Tangram Berbasis Articulate Storyline 3 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Bangun Datar. PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika, 18(1), 77–88.
Rochmad, & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning menggunakan gnomio untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511-520.
Septi, D. V., Khusnunisa, M., & Afrilianto, M. (2019). Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa. Journal On Education, 1(3), 498–506.
Sudiantini, D., & Shinta, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penalaran Matematis Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 177 – 186. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2996
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212.
Tazkiyatunnisa, L., Sari, R. M. M., & Haerudin. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Media Pembelajaran Pop-Up Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), Karawang.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Trilaksono, D., & Murtafiah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 180–191.
Tsani, D. F., Saminanto, & Saputra, W. R. (2021). Pengembagan Media Pembelajaran Board Game Go-Metra untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Transformasi Geometri 1(1), 14 - 29. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Vianka Irawan, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.131-154
Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins Eds, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research. Springer VS. Germany. 175 hlm.
DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v11i1.7228
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.