PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WAWANCARA TIGA TAHAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN BATAM PADA POKOK BAHASAN BAKTERI THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING METHOD INTERVIEW WITH THYPE TECHNIQUE STEP ON BIOLOGY LEARNING RESULT STUDENTS X MAN BATAM IN BACTERIA SUBJECT

Tities Anggrieny, Nurhaty Purnama Sari, Fenny Agustina

Abstract


Abstract

 

 This research was a kind of experimental research with Randomized Posttest Only Control Group Design design. This study aimed to determine the effect of cooperative learning model type of three-stage interview on biology learning outcomes on the subject of bacteria. This research was conducted at Madrasah Aliyah Batam Class X. The samples in this study were X-1 class as control class and X-2 class as experiment class. The test was used  “t-test”. From the results of the study found that the classes taught by cooperative learning model type of three-stage interview to obtain learning outcomes had a significant influence with the average value of learning outcomes is 74.0690 while students who followed the learning process using conventional learning method had a value of learning outcomes Average 65,5172 on bacterial material in class X MAN Batam.

 

 

Keywords: Cooperative Learning¸ Three Step Interview¸ Bacteria subject .

 

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe wawancara tiga tahap terhadap hasil belajar biologi pada pokok bahasan bakteri. Penelitin ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Batam Kelas X. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas  X-1sebagai kelas kontrol dan kelas X-2sebagai kelas eksperimen. Uji yang digunakan adalah uji t-test. Dari hasil penelitian didapat bahwa kelas yang diajarkan dengan  model pembelajaran kooperatif tipe wawancara tiga tahap memperoleh hasil belajar memiliki pengaruh yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 74,0690 sedangkan siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki nilai hasil belajar rata-rata 65,5172 pada materi bakteri di kelas X MAN Batam.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, wawancara tiga tahap, pokok bahasan bakteri


Full Text:

PDF

References


Arikunto,suharsimi.2009.Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Campbell. Mitchell & Reece. 2000. Biologi, edisi kelima-jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta

Kimball, John W. 1992. Biologi , edisi kelima-jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Latisma. 2011. Evaluasi pendidikan. Padang: UNP Press.

Rusman. 2010. Metode-metode Pembelajaran,Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_______. 2012. Belajar dan pembelajaran berbasis computer,mengembangkan profesionalisme abad 21.Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2009. Metode dan teknik penyusunan proposal penelitian (untuk mahasiswa S1, S2, S3). Bandung: Alfabeta.

Sharan, Sholomo. 2012. the handbook of cooperative learning. Yogyakarta: Familia.

Slavin. 2011. Cooperative learning, teori, riset dan praktek. Bandung: Nusamedia.

Sugiono, 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suprijono Agus. 2009. Cooperative learning, teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathia, Nur Amira, 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Wawancara Three-Step Interview untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP”, http://repository.upi.edu/3510, 03 Februari 2014.

Elsa,D.D, dkk,(2012).”Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Listener Team yang Disertai dengan LKS Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Padang”, http://jurnal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/MHSBIO/index.php/bio20121/article/view/6/6, 03 Februari 2014.

Santoso,D.B, 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Wawancara Three-Step Interview Dengan Pendekatan Konstekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”, http://repository.upi.edu/3511/, 03 Februari 2014.




DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Universitas Riau Kepulauan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.