STUDI EFEKTIFITAS KEGIATAN MENGAJAR GURU JURUSAN IPS SMA NEGERI 05 BATAM

Azimah Azimah

Abstract


            Kurang menguasai bahan ajar, dan kurang pengelolaan program belajar mengajar, serta pengelolaan kelas yang kurang kondusif, sedikitnya penggunaan media dan sumber belajar dan kurang interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran dan menilai prestasi siswa serta kurangnya dan kedisiplin dalam berkerja guru sehingga menyebabkan efektifitas  pembelajaran SMA Negeri 05 Batam  Tahun Pelajaran 2014/2015 menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru menjadi lebih baik dan menjadi pembelajaran yang lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru-guru jurusan IPS di SMA 05 sudah melakukan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif. Hal ini dibuktikan yaitu : 1) sudah menguasai bahan pengajaran. 2) sudah melakukan pengelolahan program belajar mengajar dengan baik. 3) sudah melakukan pengelolahan kelas dengan baik. 4) sudah menggunakan media dan sumber belajar saat proses pembelajaran. 5) sudah mampu dalam hal pengelolahan interaksi belajar mengajar dengan baik, baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa. 6) sudah melaksanakan penilaian prestasi siswa dan terakhir. 7) guru sudah menerapkan disiplin kerja dalam pengajaran dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Bandung ; Pt Remaja Rosida

Karya

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta ; Raja Grafindo

Persada

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta ; Raja grafindo Persada

Burhanuddin, et. al. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang ; Univ. Negeri Malang.

Buhary, Hasanuddin. 2007. Akuntabilitas Kinerja Pendidikan. Malang ; Univ.

Negeri Malang (UM Press)

Ismail, Kusmayadi. 2010. Kemahiran Interpersonal Untuk Guru. Bandung ; PT.

Pribumi Makasar.

Asmani, Makmur, Jamal. 2011. 7 Tipe Aplikasi PAKEM ( Pembelajaran Aktif,

Kreatif,Efektif dan Menyenangkan ) Menciptakan Metode Pembelajaran

Yang Efektif dan Berkualitas. Yogyakarta : Diva Press

Idris, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta ; Erlangga.

Christine, Maylanny. 2009. Pedagogi : Strategi dan Teknik Mengajar dengan

Berkesan. Bandung : PT. Setia Purna Inves.

Idris dan Marno. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta ; Ar- Ruzz

Media

Mukhtar. 2013. Metode praktis penelitian deskriptif kualilatif. Jakarta : refrensi

(GP Press Greoup).

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung ; Sinar

Baru Algensindo

Susanti, Rini. 2011. Profesi Pendidikan. Batam ; Universitas Riau Kepulauan

(UNRIKA)

Mudyahardja, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang

Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Kosasih,Raflis dan Soetjipto. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta : Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; Alfabeta.

Sugiono, 2008. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Sukardi, 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta ; Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.

Bandung : Alfabeta

Suparlan. 2003. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta ; Hikayat Publishing

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran

(Learning Organization) .Pontianak : Alfabet




DOI: https://doi.org/10.33373/j-his.v3i2.1689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.