PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI STOP MOTION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGER 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nindri Eka Yuliani, Afrinel Okwita

Abstract


Media yang diterapkan oleh guru selama proses pembelajaran sejarah Indonesia tidak bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dalam mempelajari sejarah Indonesia dan tidak memahami materi pelajaran tersebut. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa atau tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran animasi stop motion terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perhitungan, penerapan media pembelajaran animasi stop motion ternyata membawa dampak yang baik bagi siswa, yakni hasil belajar meningkat. Diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 86, sedangkan kelas kontrol sebesar 80. Setelah melakukan analisis uji-t, diperoleh thitung sebesar 5,424 dan ttabel sebesar 1,668 dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena nilai thitung> ttabel, maka disimpulkan bahwa pengujian menerima hipotesis alternatif (Ha), yaitu terdapat peningkatan hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Batam T.P. 2019/2020 setelah diterapkannya media pembelajaran animasi stop motion.

Keywords


Media pembelajaran stop motion, sejarah Indonesia, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agustini, Y. S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Hasil Belajar Siswa. Universitas Riau Kepulauan.

Aqib, Z. (2013). Model- Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dewi, N. R. (2017). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Mata Pelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Nurul Jadid Batam Tahun Pelajaran 2017-2018. Universitas Riau Kepulauan.

Furqan, A. (2004). Pergeseran Sifat Konfessionalitas Pendidikan Nasional Indonesia. Ulul Albab, 5(1), 67–82.

Gasong, B. I. (2018). Penggunaan Media Potongan Kertas Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Animasi Stopmotion. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2), 320–331.

Hanggara, Y., & Amelia, F. (2018). Modul Statistik Pendidikan. Batam: Universitas Riau Kepulauan.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Munir. (2017). Ilmu Pendidikan Islam Versi Perspektif Nasional dan Lembaga Pendidikan. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 52–57.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmah, R. L. (2014). Penciptaan Karya Animasi Stop Motion “Kobaran Semangat Bung Tomo.” Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(2), 129–136.

Sugiar, R. H. (2013). Efektivitas Penggunaan Metode Analisis Teks Teknik Catatan Tulis dan Susun (TS) pada Pembelajaran Shokyu Choukai II. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M. S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Wahid, W. (2014). Penerapan Metode Kasus dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kartini 1 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Riau Kepulauan.

Widoyoko, E. P. (2011). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yunus, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reverse Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Batam. Universitas Riau Kepulauan.




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v5i2.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.