EKSISTENSI TRADISI BERSIH DESA SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN WARISAN BUDAYA LELUHUR (KAJIAN DESA SUMBERDADI KECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK)

Rifatus Sholikah, Dita Hendriani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan masyarakat yang masih kuat terkait tradisi bersih desa, sehingga tradisi bersih desa ini masih dipertahankan keberadaannya hingga saat ini. Masyarakat memiliki anggapan bahwa dengan mengadakan tradisi bersih desa dapat memberikan keselamatan, kesejahteraan bagi desa mereka, apabila sampai tidak melaksanakan tradisi bersih desa maka akan membawa bencana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya enggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan beberapa hal yaitu : proses pelaksanaan tradisi bersih desa dimulai dari kegiatan musyawarah, satu minggu sebelum tradisi bersih desa berlangsung terdapat kegiatan kerja bakti dan selamatan di 5 makam para leluhur desa, adapun 5 makam tersebut meliputi : makam Mbah Potro Kusumo, makam Mbah Malang, makam Kedungwatu, makam Mbah Tugu di Pijitelu dan Makam Mbah Tugu di Brangkal. Satu hari sebelumnya terdapat jamasan pusaka yang dilakukan oleh sesepuh dan menyembelih kambing. Pusaka-pusaka yang dijamasi berupa demung, kecer, dan bonang. Keesokan harinya waktu pelaksanaan bersih desa pusaka-pusaka yang dijamasi digendong oleh kepala desa, sesepuh, dan perangkat, kemudian ditayubkan dengan diiringi gendhing ilir-ilir dan kinanthi. Terdapat makna yang terkandung dalam tradisi bersih desa di Desa Sumberdadi yaitu memberikan keselamatan, membawa kesejahteraan, dan melestarikan budaya. upaya yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi tradisi bersih desa sebagai warisan budaya leluhur yaitu membacakan riwayat tradisi bersih desa yang dilakukan ketika tradisi bersih desa berlangsung, adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa, mengadakan tradisi bersih desa setiap tahunnya.


Keywords


Eksistensi, Tradisi Bersih Desa, Upaya Mempertahankan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharismi. 1995. Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto.

Bagus, Lorens. 2005. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bayuadhy, Gesta. 2015. Tradisi-Tradisi Adiluhung Para Leluhur Jawa. Yogyakarta: Dipta.

Gusmina, Hari dkk. Kepedulian Pemuda Dalam Tradisi Basilawek Pada Upacara Kematian di Kenagarain Kapelgam Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, Journal of Civic Education, ISSN: 2622-237X.

Handayani, Sri. 2015. Upaya Pelestarian Eksistensi Kesenian Barongan Setyo Budoyo di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Semarang: Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.

Handoyo, Eko. 2015. Studi Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perdesaan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perdesaan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Koentjaraningrat.1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurnianingsih, Adawiya. 2018. Eksistensi Seni Tradisi “Sandur” Pada Masyarakat Modern di Desa Ledok Kulon Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Pepustakaan UINSA.

Maleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Ilmu Komunikasi Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mayangsari, Ayu Senja. 2017. Kajian Kesejahteraan Masyarakat. Purwokerto: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Soekanto, Soerjono. 1999. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zainudin, dkk. 2015. Revitalisasi Kearifan Lokal Untuk Krukunan Umat Beragama di Indonesia. Yogyakarta: Dialogue Centre Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v6i2.3766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.