PEMANFAATAN KOLEKSI MUSEUM BATAM RAJA ALI HAJI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI KOTA BATAM

Muhammad Rezki, Tri Tarwiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejarah kota Batam, koleksi museum dan praktik pengelolaannya, serta memanfaatkan Museum Batam Raja Ali Haji sebagai sumber kajian sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Untuk reliabilitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan sejarah berdirinya museum, koleksi yang ada di museum terdiri dari berbagai koleksi dan display yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber untuk mempelajari sejarah.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah (Vol. 17, Issue 33).

Asmara, D. 2019. Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora (Vol 2, Issue 1).

Dwi Astuti, A., & Andy Suryadi. 2020. Pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Negeri Di Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan (Vol. 6, Issue 1). Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk.

Masyrifah, S. 2017. Pelaksanaan Promosi Museum Linggam Cahaya di Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Vol. 4, Issue 2).

Nugroho, A., & Mareza, L. 2016. Pemanfaatan Museum BRI Dan Museum Jenderal Sudirman Sebagai Sumber Belajar Ips Oleh Siswa dan Guru SD Di Purwokerto. Jurnal Ilmiah Kependidikan ( Vol. IX Issue 2).

Putra, Y. V. 2019. Pemanfaatan Museum Sonobudoyo Sebagai Sumber Belajar dan Destinasi Wisata di Yogyakarta [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sakti, Z. R., & Suryasih, I. A. 2015. Evaluasi Program Gerakan Nasional Cinta Museum (Gncm) Pada Museum Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata: (Vol. 3, Issue 1).

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sustianingsih, I. M. 2020. Pemanfaatan Museum SUBKOSS sebagai Sumber Belajar Sejarah di Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Sejarah (Vol. 9, Issue 1).

Tjahjopurnomo, R, 2015. Sejarah Permuseuman di Indonesia. Jakarta: Direktorat Permuseuman, Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ventyasari, R. 2015. Pemanfaatan Museum Trinil Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Di Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur [skripsi]. Semarang. Universitas Negri Semarang, Fakultas Ilmu Sosial.

Yakub Y, Aunar Karimsu, Rasyidin. 2015. Mengenal Provinsi Kepulauan Riau (Pengetahuan Muatan Lokal Untuk Pendidikan Dasar dan Umum). Batam: Bestko 2000.

Yusuf, M. A., Ibrahim, N., Kurniawati. 2018. Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Visipena (Vol. 9, Issue 2).

Zahro, M., Sumardi, Marjono. 2017. The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica (Vol. 1, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.33373/hstr.v7i2.4800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program

P-ISSN 2301-8305        E-ISSN 2599-0063

Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.

Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam,  Indonesia.

Email; historiaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.