DEKONSTRUKSI PERAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ASTUTI, P., & SURYADI, A. (2020). PEMANFAATAN MUSEUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH. YOGYAKARTA: PENERBIT SEJARAH INDONESIA.
DARMADI, H. (2017). PENDIDIKAN SEJARAH KONTEKSTUAL: MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH MELALUI PENDEKATAN LOKAL. JAKARTA: PRENADAMEDIA GROUP.
DERRIDA, J. (1976). OF GRAMMATOLOGY. BALTIMORE: JOHNS HOPKINS UNIVERSITY PRESS.
DRATRIARAWATI, A. (2014). PEMANFAATAN SITUS SEJARAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, 2(1), 25–36.
DRATRIARAWATI, A. (2018). MUSEUM DAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH. MALANG: UMM PRESS.
EKO, S. (2014). DEKONSTRUKSI PENDIDIKAN SEJARAH: ALTERNATIF PEMBELAJARAN SEJARAH YANG KONTEKSTUAL. BANDUNG: REMAJA ROSDAKARYA.
FALK, J. H., & DIERKING, L. D. (2000). LEARNING FROM MUSEUMS: VISITOR EXPERIENCES AND THE MAKING OF MEANING. WALNUT CREEK: ALTAMIRA PRESS.
HEIN, G. E. (1998). LEARNING IN THE MUSEUM. LONDON: ROUTLEDGE.
KARTODIRDJO, S. (1993). PENDEKATAN ILMU SOSIAL DALAM METODOLOGI SEJARAH. JAKARTA: GRAMEDIA.
MULYANA, A. (2012). SEJARAH LOKAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN SEJARAH. BANDUNG: CV ILMU.
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NO. 19 TAHUN 1995 TENTANG PENGELOLAAN MUSEUM.
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NO. 66 TAHUN 2015 TENTANG MUSEUM.
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 65 TAHUN 2013 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.
SURYANEGARA, A. H. (2016). URGENSI SEJARAH LOKAL DALAM PENDIDIKAN SEJARAH NASIONAL. BANDUNG: PUSTAKA PELAJAR.
SURAHMAN, E., SUSANTO, R., & WIDIASTUTI, D. (2020). MUSEUM SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN BUDAYA DI ERA DIGITAL. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 10(1), 45–60.
UNESCO. (2013). MUSEUM AND EDUCATION: A GUIDE FOR EDUCATION STAFF AND TEACHERS. PARIS: UNESCO PUBLISHING.
YUSUF, M., KURNIAWAN, A., & SALIM, A. (2018). PEMANFAATAN MUSEUM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA SMA. JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH INDONESIA, 5(2), 110–125.
DOI: https://doi.org/10.33373/hjpsps.v10i1.8078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah
P-ISSN 2301-8305 E-ISSN 2599-0063
Published by: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Riau Kepulauan, Batam, Indonesia.
Jl. Batu Aji Baru No. 99 Batam Propinsi Kepulauan Riau, Batam, Indonesia.
Email; historiaunrika@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.