Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guideline

Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Kami menerima naskah berupa artikel hasil penelitian dan review artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Author dapat mengirimkan naskah secara online melalui OJS pada tautan: http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/login

Naskah yang disubmit hendaknya bebas plagiat dan memuat tulisan yang berisi 1.Pendahuluan, 2. Metode Penelitian (bisa meliputi teknik analisa data, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil Penelitian dan Pembahasan, 4. Kesimpulan dan Saran (future works) yang berisi penelitian lanjut di masa mendatang. Pada setiap paragraf bisa terdiri dari beberapa subparagraf yang dituliskan dengan penomoran angka arab. Jumlah halaman maksimum 12 halaman ukuran A4 dengan margin left, right, top, bottom masing-masing 2,5 cm, dan spasi 1,15 pt. Template dapat diunduh di sini

Jumlah referensi minimal 15 dengan 50%nya adalah dari jurnal yang relevan. Author disarankan untuk mensitasi 1-2 naskah artikel yang telah diterbitkan di Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

Author harus membayar biaya publikasi sejumlah Rp.200.000, dan bila ingin mendapatkan hard copy dapat memesan dengan mengganti biaya cetak Rp 50.000/buku.

 

Ketentuan Penulisan

Artikel diawali dengan Judul Artikel, Nama Penulis, Alamat Afiliasi Penulis, email, diikuti dengan abstrak yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan jenis huruf Times New Roman sebanyak 200-250 kata dan jarak antar baris satu spasi. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris saja. Bagian Abstrak harus memuat inti permasalahan atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian, ringkasan hasil temuan yang diperoleh serta simpulan. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. Abstrak dilengkapi dengan 3-5 kata kunci.

1.      Pendahuluan

Semua artikel ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia menggunakan font TNR 12pt spasi 1,15 pt maksimal 12 halaman margin 2,5 cm. Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diteliti, isu-isu yang terkait dengan masalah yang diteliti, kajian literature terdahulu (state of art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah dan permasalahn penelitian atau hipotesis. Dibagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut.

2.      Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah termasuk metode analisis. Metode penelitian dapat meliputi jenis dan desain penelitian, populasi dan sampel penelitian, metode validitas dan reliabilitas instrument penelitian, serta teknik analisis data yang digunakan.

3.      Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil Penelitian dan Pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya. Tuliskan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil percobaan/penelitian sebaiknya ditampilkan dalam bentuk grafik atau tabel. Untuk grafik dapat mengikuti format untuk diagram dan gambar.

4.      Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Saran bersifat optional menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 50% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 15 (lima belas) daftar pustaka acuan.
Penulisan Daftar Pustaka menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.