HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Gustina Ningsih, Riska Novia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara rasa percaya diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN N 16 Batam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan populasi sebanyak 355 orang. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah kelas IX SMP N 16 Batam sebanyak 189 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket rasa percaya diri dan kebiasaan belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan rumus korelasi parsial dan korelasi berganda yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara rasa percaya diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP N 16 Batam. Dengan besar korelasi = 0,815 yaitu pada kategori sangat kuat, arah hubungan positif karena nilai R positif dan memperoleh signifikansi 0,00 < 0,05. Artinya adalah semakin tinggi rasa percaya diri dan kebiasaan belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa tersebut dan begitu juga sebaliknya.


Kata kunci: rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Aditya Satya Nugraha. (2013). Pengaruh Antara Motivasi, Kecerdasan, dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa Semester 2 Kelas VIII B SMP Negeri 2 Ngadirojo”. Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arly Asena Syarif. (2014). “Hubungan Antara Self Confidence dan Personality dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi, Universitas Riau Kepulauan, Batam.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, Syofian. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Jakarta: Alfabeta.

Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matemamtika. Jakarta: PT Leuser Citra Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.1038

Refbacks



 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.