EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Yesi Gusmania, Tri Wulan Dari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat perbedaan efektivitas dalam penggunaan  media pembelajaran dengan berbasis video dan tidak menggunakan media pada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Control Group Pretest- Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 20 Batam kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas eksperimen VIII.4 dan sampel kelas kontrol VIII.2. Analisis data menggunakan rumus uji t dua sampel. Sebelum data dianalisis, data terlebih dahulu diuji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian dilakukan uji hipotesis berdasarkan data tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat efektivitas antara pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis video dengan pembelajaran konvensional yang ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata Kunci : media video pembelajaran, metode konvensional, pemahaman konsep matematis

 

Abstract:This research aims to know: (1) whether there are effectiveness and the difference between using video based learning media and not using media with conventional learning reviewed from student mathematical concepts understanding. The kinds of this research is Quasi Experiments research with Control Group Pretest Posttest research design. The population of this research are all student at SMPN 20 Batam in class VIII academic years 2016/2017. Taking sampling was done by Cluster Random Sampling technique. The research sample of experiment class is VIII.4 and sample of control class is VIII.2. The data was analyzed with using t test two sampling. Before the data was analyzed, the data was first tested on the pre requisite of analysis, there are normality test and homogeneity test. Then, conducted hypothesis test based on the data. The result of this research showed that: (1) there was the difference between video based learning media with conventional learning toward student mathematical concepts understanding.

 

Key Words : VBL, conventional methods, mathematical concepts understanding.

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Bayu Mukti. (2013). “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash SiswaKelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Lubis, Syahron. 2013. Metodologi Penelitiaan Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Wibisono, Dermawan. 2013. Panduan Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.